Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Peduli Makhluk Hidup Siswa Kelas IV SD Inpres Mamajang II Kota Makassar

Penulis

  • Sri Hastati Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i3.2314

Kata Kunci:

Discovery Learning, Learning Outcomes, Thematic Learning.

Abstrak

The low learning outcomes of fourth graders at SD Inpres Mamajang II Kota Makassar. For this reason, it is necessary to apply the Discovery learning model to improve student learning outcomes. The research used is the Kemmis and Taggart class action research (CAR), with 9 research subjects in grade IV at SDI Mamajang II. This study consisted of 2 cycles, each cycle consisting of stages of planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques used in this study were observation, interviews and multiple choice tests. The results showed that there was an increase in the average score of students in the first cycle which was 66.67 and in the first cycle it increased to 81.11. Mastery of student learning in the first cycle is 44,44% and in the second cycle has increased to 88.89%. The application of the Discovery learning model can improve the learning outcomes of fourth grade students at SD Inpres Mamajang II Kota Makassar.

Biografi Penulis

Sri Hastati, Universitas Islam Makassar

Dosen PGSD FKIP Universitas Islam Makassar

Referensi

Ading Muslihudin, 2019, Implementasi Model Discovery Learning Berbantuan Video Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Suganangan, Jurnal Elementaria Edukasia, Vol. 2 (1). (Diakses pada 14 Juli 2020).

Agnis. A. dan Arum, L. 2018, Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Ipa Melalui Metode Discovery Learning SDN Ngablak, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Yogyakarta.

Arfiyani Agnis Livia Arum, 2018, Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Ipa Melalui Metode Discovery Learning SDN Ngablak, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Yogyakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2015, Belajar Dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.

Husna, I. 2017, Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Tema 1 Kelas Iv Sd Negeri 1 Beringin Raya Kemiling Bandar Lampung, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Kemdikbud, 2016, Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Buku Guru SD/MI Kelas IV, Kemendikbud, Jakarta.

Kristin, F. 2016, Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD, Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, Vol. 2 (1): 91-98.

Mubarokah, I. 2017, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tema 8 Subtema 3 Tentang Memelihara Ekosistem Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Palapa Kota Bandar Lampung. Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Ningsih, D.Y. 2014, Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Universitas Pasundan, Bandung.

Pamungkas, G. H. 2019, Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Ipa Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning, Jurnal Basicedu, Vol.3 (1): 43- 46.

Rahayu, E.S. 2015, Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Hidayatullah, Jakarta.

Rosarina G. 2016, Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda, Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 1 (1).

Saur Tampubolon, 2014, Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik Dan Keilmuan, Erlangga, Jakarta.

Sudijono, A. 2011, Pengantar Evaluasi Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Depdiknas, Jakarta.

Diterbitkan

2022-10-01

Terbitan

Bagian

Articles