Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Peduli Makhluk Hidup Siswa Kelas IV SD Inpres Mamajang II Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i3.2314Kata Kunci:
Discovery Learning, Learning Outcomes, Thematic Learning.Abstrak
Referensi
Ading Muslihudin, 2019, Implementasi Model Discovery Learning Berbantuan Video Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Suganangan, Jurnal Elementaria Edukasia, Vol. 2 (1). (Diakses pada 14 Juli 2020).
Agnis. A. dan Arum, L. 2018, Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Ipa Melalui Metode Discovery Learning SDN Ngablak, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Yogyakarta.
Arfiyani Agnis Livia Arum, 2018, Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Ipa Melalui Metode Discovery Learning SDN Ngablak, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Yogyakarta.
Dimyati dan Mudjiono. 2015, Belajar Dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.
Husna, I. 2017, Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Tema 1 Kelas Iv Sd Negeri 1 Beringin Raya Kemiling Bandar Lampung, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Kemdikbud, 2016, Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Buku Guru SD/MI Kelas IV, Kemendikbud, Jakarta.
Kristin, F. 2016, Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD, Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, Vol. 2 (1): 91-98.
Mubarokah, I. 2017, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tema 8 Subtema 3 Tentang Memelihara Ekosistem Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Palapa Kota Bandar Lampung. Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Ningsih, D.Y. 2014, Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Universitas Pasundan, Bandung.
Pamungkas, G. H. 2019, Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Ipa Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning, Jurnal Basicedu, Vol.3 (1): 43- 46.
Rahayu, E.S. 2015, Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Hidayatullah, Jakarta.
Rosarina G. 2016, Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda, Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 1 (1).
Saur Tampubolon, 2014, Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik Dan Keilmuan, Erlangga, Jakarta.
Sudijono, A. 2011, Pengantar Evaluasi Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Depdiknas, Jakarta.