Analisis Nilai Karakter dalam Dongeng Pada Buku Siswa Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar

Penulis

  • Satriyo Agung Budi Harjono Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ikha Listyarini Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Mei Asri Untari Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i3.2316

Kata Kunci:

Character, Nationality, Values.

Abstrak

The value of character in learning is a must. This study analyzes the value of characters in students' books. This study uses a qualitative approach, the data analysis technique is qualitative descriptive of a literary work by looking for the character values contained therein. The data in this study were obtained through observation, interviews, documentation, listening and notes. The results of the study showed that the book "Student Book Theme 8 Where I Live in Class IV Elementary School" contained 34 character values with reference to 18 character values of the Ministry of National Education, the character values were religious 2.94%, honest 11.76%, tolerance and discipline did not exist. , hard work 17.64%, creativity appears 8.82%, Independent 2.94%, Democratic 8.82%, Curiosity 2.94%, National Spirit 2.94%, Love the homeland and appreciate achievement none . Friendly/Communicative 8.82%, Peaceful Love 2.94%, No Likes to Read, Environmental Care 5.88%, Social Care 11.76% and Responsibility 11.76%. This book can be used as a medium in character education for elementary school children. Good character so that it can be applied in the values of life.

Biografi Penulis

Satriyo Agung Budi Harjono, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas PGRI Semarang

Ikha Listyarini, Universitas PGRI Semarang

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas PGRI Semarang

Mei Asri Untari, Universitas PGRI Semarang

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas PGRI Semarang

Referensi

Abidin, Y. 2012. Pembelajaran Berbahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Adisusilo, Sutardjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Danandjaja, James. 2007. Foklor Indonesia Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: PT Temprint.

Hendri. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Dongeng. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Herfanda, A.Y. 2008. â€Sastra sebagai Agen Perubahan Budaya†dalam Bahasa dan Budaya dalam Berbagai Perspektif, Anwar Effendi, ed. Yogyakarta: FBS UNY dan Tiara Wacana.

Herimanto. 2010. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Judiani, Sri. 2010. “Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulumâ€. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, No. 9, hlm. 288.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP yang Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Kusumawati, Heni. 2013. “Pendidikan Karakter Melalui Lagu Anak-Anakâ€. Jurnal Imaji, Vol. 11, No. 2, hlm. 45.

Mahmudi, Ikha Listyarini, dan Mei Fita Asri Untari. 2020. “Analisis Nilai Karakter dalam Lagu Anak Karya A.T. Mahmudâ€, Jurnal Dwijaloka, Vol. 2, No. 1.

Moleong Lexy J. 2013. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Perpres No.87 Tahun 2017. Tentang Penguatan Pendidikan Karakter dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa.

Puryanto, Edi. 2008. “Konsumsi Anak dalam Teks Sastra di Sekolahâ€. Makalah dalam Konferensi Internasional Kesusastraan XIX HISKI.

Satrijono, H. 2019. “Pemanfaatan Nilai-Nilai Edukatif pada Film “Adit Dan Sopo Jarwo†di TV MNC dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak di Sekolah Dasarâ€. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar. Vol. 7, No. 2, hlm. 12-21.

Siswantoro. 2010. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soegeng Ysh, A.Y., Abdullah Ghufron, dan Kasihadi R.B. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Surakhmad, Winarno. 2009. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito

Suwarno, Wiji. 2011. Perpustakaan & Buku: Wacana Penulisan & Penerbitan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tim Penyusun Kamus Besar Pusat. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Utami, Ima Wahyu Putri. 2019. “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Kelas IV SD Muhammadiyah I Kota Malangâ€. Elementa: Jurnal Prodi PGSD STKIP PGRI Banjarmasin. Vol. 1, No. 2, hlm 19.

Wibowo, A., & Gunawan. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yekti W., Nandya Ayu, Ika Oktavianti, dan Muhammad Noor Ahsin. 2021. “Nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng pada Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 untuk Siswa Sekolah Dasarâ€. Jurnal Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 4, No. 1, hlm. 7.

Zhazoga, Ivan, Diana Endah, dan Ikha Listyarini. 2020. “Analisis Pengaruh Film Upin dan Ipin terhadap Karakter Siswaâ€. Indonesian Values And Character Education Journal. Vol 3, hlm. 2.

Zulela. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Diterbitkan

2022-10-01

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check