Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di SDN 13 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone

Penulis

  • Awaluddin Muin Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Sitti Jauhar Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Wahni Wahni Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i3.2336

Kata Kunci:

2013 Curriculum, SBdP Learning, Teacher's Perception.

Abstrak

This research is a descriptive qualitative research that aims to describe the teacher's perception of the implementation of the 2013 curriculum in arts and crafts subjects at SDN 13 Biru, Tanete Riattang District, Bone Regency. The subjects of this study were all 6 class teachers. The data collection instrument used an interview guide. Data analysis techniques in research are 1) Data collection, 2) Data reduction, 3) Data presentation and 4) Conclusion drawing. The results of the research obtained are that the preparation for SBdP learning at SDN 13 Biru is planned through teacher working group activities. SBdP learning is carried out in accordance with the plans that have been made using learning methods, strategies and media. The SBdP learning assessment is carried out for both the process and the results by involving cognitive, affective and psychomotor aspects. So it can be concluded that the teacher's perception in implementing the 2013 curriculum on SBdP subjects at SDN 13 Biru, Tanete Riattang District, Bone Regency is good because teachers have an understanding in planning, implementing and assessing learning.

Biografi Penulis

Awaluddin Muin, Universitas Negeri Makassar

Dosen PGSD, FIP, Universitas Negeri Makassar

Sitti Jauhar, Universitas Negeri Makassar

Dosen PGSD, FIP, Universitas Negeri Makassar

Wahni Wahni, Universitas Negeri Makassar

Mahasiswa PGSD, FIP, Universitas Negeri Makassar 

Referensi

Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Metode, Strategi, Dan Media Pembelajaran. Jurnal Lantanida. 4 (1); 47.

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta.

Ervina, Vivi Dewi, 2014. Persepsi Guru Pendidikan Seni Musik Tentang Pelaksanaan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Seni Budaya (Seni Musik) di SMP Negeri Se-Kotamadya Yogyakarta. Skripsi Fakultas Bahasa dan Seni: Universitas Negeri Yogyakarta.

Firdani, Alfina. 2017. Persepsi Guru Dalam Pembelajaran SBdP Pada Kurikulum 2013 Edisi Revisi Di SDIT Bias Assalam Kota Tegal. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Negeri Semarang.

Kuswandari. A (2017). Faktor-Faktor Penghambat Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Bermain Pianika di Sd Negeri Gugus Gajah Mada Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Negeri Semarang.

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta Selatan: Referensi (Gaung Persada Press Group).

Muliadi. 2018. Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Aktivitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). PROSIDING 1 1:13–17.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurwahidah. 2020. Persepsi Guru Sekolah Dasar tentang Implementasi Kurikulum 2013 di Kelurahan Pasir Putih Kecamatan Sinjai Borong Kabupaten Sinjai. Skripsi Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Negeri Makassar.

Permendikbud Nomor 23 Tahun (2022). tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Setijowati, U. 2015. Pengembangan Kurikulum SD (Aplikasi KTSP dan Kurikulum 2013 dalam Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: K- Media.

Sidiq, Umar, & Moh. Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Smith, E. E. & Kosslyn, S. M. 2014. Psikologi Kognitif Pikiran dan Otak. Terjemahan Helly S. Prajitno dan Sri M. Prajitno. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.). Jakarta.

Utami, K. N., & Mustadi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, dan Prestasi Belajar Siswa Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7 (1), 14-25. DOI:10.21831/jpk.v7i1.15492.

Diterbitkan

2022-10-01

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check