Pelaksanaan Kegiatan Literasi Sekolah untuk Membentuk Pembiasaan Gemar Membaca dalam Situasi Pandemi Covid-19 Pada Siswa SD Negeri 13 Kebondalem Kabupaten Pemalang
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i3.2338Kata Kunci:
Covid-19 Pandemic, Literacy, Love to Read.Abstrak
Referensi
Abidin, Yunus,dkk. 2018. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto.2013.Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Hanik, E. U. 2020. Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah. Elementary: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183–208. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417
Ika Fadilah Ratna Sari. 2018. Permendikbud No.23 tahun 2015. (https://www.neliti.com/publications/284534/konsep-dasar-gerakan-literasi-sekolah-pada-permendikbud-nomor-23-tahun-2015-tent) diakses 11 Oktober 2021 pukul 10.03 WIB.
Kurniawan, Hendra. 2018. “Literasi dalam Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Gava Media.
Listyarti,Retno., 2012.Pendidikan Karakter Dalam Metode Aktif, Inovatif, & Kreatif.Jakarta:Penerbit Erlangga.
Moleong, Lexy J. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhadjir Effendy. 2019 . Literasi Lebih Dari Sekedar Membaca Buku. (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/08/mendikbud-literasi-lebih-dari-sekadar-membaca-buku) diakses 10 Oktober 2021 pukul 21.00 WIB.
Musthafa, Fahim. 2005. Agar Anak Anda Gemar Membaca. Bandung: Hikmah Cetakan I Septiary, D., & Sidabutar, M. (2020). Pelaksanaan program gerakan literasi sekolah (GLS) di SD Muhammadiyah Sokonandi. Epistema, 1(1), 1-12.
Priasti, S. N., & Suyatno, S. 2021. Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 395-407.
Rahim, Farida, M.Ed. 2005. Pengajaran Membaca Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Subakti, oktaviani, anggraini. 2021. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2489-2495.
Sugihartati,Rahma.2010.Membaca Gaya Hidup dan Kapitalisme. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahid Wahyudi. 2021 . “Pelaksanaan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid – 19â€. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/06/bagaimana-pelaksanaan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19-di-daerah. Artikel. Diakses 6 Oktober 2021 pukul 12.45 WIB.