PENGARUH PENERAPAN METODE KOMIDI PUTAR DISKUSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS DI SDN MANNURUKI

Penulis

  • Wahyullah Alannasir Universitas Islam Makassar, Indonesia
  • Nurhayati Selvi Universitas Islam Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v1i2.236

Kata Kunci:

metode komidi putar diskusi, motivasi belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan metode komidi putar diskusi, gambaran motivasi belajar IPS sebelum dan sesudah diberikan metode komidi putar diskusi dan pengaruh penerapan metode komidi putar diskusi terhadap motivasi belajar IPS di SDN Mannuruki. Jenis penelitianquasi eksperiment designdengan desain penelitian Pretes Posttes Equivalent Groups Design.Fokus penelitianfator guru, siswa dan hasil belajar. Populasinya adalah seluruh kelas SDN Mannuruki 2017-2018 sebanyak 66 orang dengan teknik penarikan sampel purposive samplingsebanyak 40 orang siswa.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis datayaitu deskriptif dan infrensial.Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode komidi putar diskusi secara keseluruhan terlaksana dengan baik mulai daripengelompokan siswa, membentuk 2 lingkaran konsentris, percakapan dua kelompok, hingga membuat kesimpulan. Motivasi belajar IPS siswa di SDN Mannuruki Kota Makassar sebelum penerapan metode komidi putar diskusi berada pada kategori kurang, setelah penerapan metode komidi putar diskusi berada pada kategori tinggi.Penerapan metode komidi putar diskusi berpengaruh terhadap motivasi belajar IPS siswadi SDN Mannuruki Kota Makassar.

 

Biografi Penulis

Wahyullah Alannasir, Universitas Islam Makassar

Prodi PGSD Universitas Islam Makassar

Nurhayati Selvi, Universitas Islam Makassar

Prodi PGSD Universitas Islam Makassar

Referensi

Ananda, Fitria Dwi. 2014. Penerapan model pembelajaran Carousel Feedback untuk meningkatkan efikasi diri, motivasi dan hasil belajar siswa(studi pembelajaran IPS siswa kelas V SDI Az Ziyadah Jember),(online). http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=65385, diakses 1 Mei 2017).

Dariyo, Agoes. 2013. Dasar-Dasar Pedagogi Modern. Jakarta: PT Indeks.

Delan, Ferra J. 2012. Kategori Penilaian Ideal.(Online), (http://eprints.uny.ac.id, Diakses 30 Mei 2015).

Departemen Pendidikaan Dan Kebudayaan. 2009. Laporan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Makassar: Depdikbud.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Emzir.2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ginnis, Paul. 2008. Trik & Taktik Mengajar Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas. Jakarta: Indeks.

Hamzah, B.Uno.2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Muzzam.18 Mei 2012. Motivasi Belajar: Pengertian, Ciri-ciri, dan Upaya. Motivasi belajar (Online), (https://muzzam.wordpress.com, Diakses 26 Desember 2014).

Ostoroff, Wendy, L. 2013. Cara Anak-Anak Belajar.Jakarta: PT Indeks.

Ridwan. 2004. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

. 2014. Pengembangan Pembelajaran di IPS Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tirtarahardja, Umar & Sulo La L.S. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Diterbitkan

2018-09-01

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check