Keefektifan Model Somatic Auditory Visualization Intellectualy Berbantu Media Konkret terhadap Keterampilan Proses Sains

Penulis

  • Desy Erviana Universitas PGRI Semarang, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-1963-1086
  • Sukamto Sukamto Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Arfilia Wijayanti Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i1.2460

Kata Kunci:

Concrete Media, Somatic Auditory Visual Intellectual, Science Process.

Abstrak

The background that prompted this research was because the students lacked science process skills, the percentage of test results was still low on the science process skills indicator, and the teacher did not use interesting learning media. The aim of the research is to know the effectiveness of somatic auditory visualization intellectualy assisted by concrete media to be effective on the science process skills of V students at SD Negeri 01 Karangasem. The method used is a quantitative method. The results of non-parametric statistical analysis using the Wilcoxon sign test analysis technique were 10,716 and ttable was obtained at 2.009 at a significant level of 5%, meaning tcount (10,716) > ttable (2,009), it can be concluded that the somatic auditory visual intellectual model assisted by concrete media is effective for improvement of science process skills for class V SD Negeri 01 Karangasem. 

Biografi Penulis

Desy Erviana, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa PGSD/FKIP/Universitas PGRI Semarang

Sukamto Sukamto, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD/FKIP/Universitas PGRI Semarang

Arfilia Wijayanti, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD/FKIP/Universitas PGRI Semarang

Referensi

Ahmad, S. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.Aksara.

Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2019. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsani, N. K., Suarni, N. K., & Kusmaryatni, N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, Vol. 5, 1-5.

Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Budiardhiana, Yustiar. 2015. Keefektifan pendekatan SAVI terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Kenampakan Permukaan Bumi pada Siswa Kelas III di SDN Wangon. Tersedia: lib.unnes.ac.id

Chotimah, H. (2007). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Biologi dalam Pendekatan Kontekstual melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share pada Peserta Didik Kelas X-6 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang.Jurnal Penelitian Kependidikan, 17 (1)

Dahar, R. W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dewi, Diah Komala, dkk. 2012. Pengaruh Pendekatan SAVI terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD di Gugus III Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana. Tersedia: ejournal.undiksha.ac.id

Fathurrohman, M. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Huda, Miftahul. 2017. Model Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Indrawan, K. A., Kristiantari, R., & Negara, G. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy berbantuan Lingkungan Hidup terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol. 2, 59-67.

Jusuf. 2015. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta : Penerbit Mitra Wacana Media

Kurnianti, S. 2016. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Partisipasi Kontribusi Siswa Kelas VII SMP N1 Sumbang Melalui Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual). Skripsi (Tidak Diterbitkan). PPs-UMP.

Kusmayuda, I Gd. Nova. dkk. 2013. “ Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berorientasi Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa terhadap Hasil Belajar IPA Siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Tejakulaâ€. Volume 1 nomor 1 April 2013. Diunduh pada 5 September 2020.

Kusuma, E., Wijayanti, N. & Wibowo, L.S. (2008). Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbasis SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Laju Reaksi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2 (1), 216- 223.

Madani Slavin, R.E. (2008). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media

Meier, D. (2000). The Accelerated Learning Handbook. New York: McGraw-Hill

Meilia Kusuma, Arfilia Wijayanti. 2017. Keefektifan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SDN Bawang Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Seminar Nasional PGSD 2017

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ni Kdk. Surya, Abadi. Sri, Asri. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif SAVI Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2 (1).

Nugroho, U., Hartono, & Edi, S.S. (2009). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi Keterampilan Proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5 (2009), 108-112. Penerbit Andi.

Priyatno, Duwi. 2012. Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta:

Russel, Lou. (2011). The Accelerated Learning Fieldbook. Bandung: Nusa Media

Sadiman, Arief S. (dkk). (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Samatowa, U. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Samatowa, Usman. 2018. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta Barat : Permata Puri Media.

Shoimin, Aris. 2014. “68 MODEL Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013â€. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Wisna. Kristiantari, R., & Negara, G. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy berbantuan Lingkungan Hidup terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol. 2, 59-67.

Diterbitkan

2023-04-01

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check