Analisis Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Anna Rika Rakhim Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Kiswoyo Kiswoyo Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Asep Ardiyanto Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i4.2461

Kata Kunci:

Covid-19, Motivation to learn, Pandemic

Abstrak

This research describes an event that occurred in the field related to the role of parents in the learning motivation of grade III elementary school age children during the co-19 pandemic. The type of research used is descriptive qualitative to seek and find understanding of phenomena in a specific context. The data in this study are in the form of questionnaires, interviews, and documentation. The results of the analysis show that during the Covid 19 pandemic the role of parents was needed in the learning process of students. The role of parents in education is the expected behavior of parents (father and mother) in the form of responsibilities and functions that must be carried out as the main and first educators for children to shape the child's personality. Meanwhile, learning motivation is an encouragement in students that causes learning activities both from within and outside themselves so that the desired goals can be achieved. Parents can provide motivation, attention, appreciation, facilities, and support for children during learning activities at home.

Biografi Penulis

Anna Rika Rakhim, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa PGSD, FIP, Universitas PGRI Semarang

Kiswoyo Kiswoyo, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD, FIP, Universitas PGRI Semarang

Asep Ardiyanto, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD, FIP, Universitas PGRI Semarang

Referensi

Akmiza, Rofa. 2020. Analisis Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas II SDN Purwantoro 2 Malang. Dalam jurnal: Universitas Muhammadiyah Malang. Diunduh dari laman http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/42321 pada tanggal 20 September 2020 pukul 20.58 WIB.

Candra, R N. 2013. Hubungan Pola Konsumsi Makanan Jajanan Dengan Status Kesehatan Anak Usia Sekolah Di SDN Ketintang I Surabaya. Ejournal Boga. 2, 1, 183 – 189.

Danim, Sudarwan, 2002, Motivasi Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Euis, dkk. 2020. Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Dalam jurnal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5, No.1, Mei 2020. Diunduh dari laman https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/541/pdf pada tanggal 12 Juli 2020 pukul 20.48 WIB

Hadi, Abdul. 2016. Nilai-nilai Pendidikan Keluarga dalam UU No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. An-Nisa. 9. 2. 101-121

Imron, A. 2016. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Kompri, M.Pd.I. 2017. Belajar faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi

Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Lestari, R. D. 2012. Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Dukungan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa. (Skripsi tidak Diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah, Surakarta

Lutfatutatifah, Adriany, V., & FaizahRomadona, N. 2015. Pola Asuh Orang Tua Anak Usia Dini Di Kampung Adat Benda Kerep Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Serantau, 11, 1– 226

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Moleong, Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugroho, Setya Widi. 2018. Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas III SD Negeri Palebon 01 Semarang. Skripsi. Semarang. Universitas PGRI Semarang

Nur, A. 2015. Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa, Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Sri, UK., Siregar N., dan Kasmawati, 2022. Analisis Penerapan Pembelajaran Guru Setelah Satu Tahun Masa Covid-19, EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 7, 1, 62-69.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.CV.

Sumantri, Mohammad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori & Praktik di. Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Rajagrafindo. Persada. Asep dan Abdul.

Syahadhata, Eling. 2017. Penerapan Model Course Review Horay (CRH) Berkolaborasi Dengan Media Pop Up Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SD. Skripsi. Semarang. universitas PGRI Semarang.

Utami, Okbrinta. 2013. Hubungan Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Kesehatan Reproduksi Dengan Perilaku Hygiene Menstruasi Pada Siswi Kelas VII SMP Negeri 3 Pajangan Bantul Yogyakarta. Diunduh dari laman: http://digilib.unisayogya.ac.id/1355/ pada 7 November 2020 pukul 13.31 WIB.

Diterbitkan

2023-04-09

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check