Pengaruh Teknik 3M (Mengamati, Meniru dan Menambahi) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita pada Siswa

Penulis

  • Riska Riska Universitas Islam Makassar, Indonesia
  • Supriadi Supriadi Universitas Islam Makassar, Indonesia
  • Rahma Ashari Hamzah Universitas Islam Makassar, Indonesia
  • Syarifah Nur Fajrin Universitas Islam Makassar, Indonesia
  • Nur Afni Universitas Islam Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i1.2481

Kata Kunci:

3M Techniques, News Text, Writing Skills.

Abstrak

This study aims to determine the effect of 3M techniques (Observing, Imitating, and Adding) on the Ability to Write News Texts in Class VIII Students, to find out the description of the implementation of learning using 3M techniques, to find out the description of the application of 3M techniques in improving the ability to write news texts of class VIII students. The type of this research is experimental research. The research design used, namely The One Group Pretest-Posttest Design which is one type of Pre-experimental in experimental research. The results of the study are the implementation of learning using the 3M technique has not been completed as evidenced by the level of completeness of only 15% complete, the description of the application of the 3M technique (Observing, Imitating, and Adding) in improving the ability to write news texts in class VIII students is proven to be able to improve the ability of students with as many as 14 students with a percentage of 42% have reached completeness, hypothesis testing in this study there is or there is an influence of the 3M technique (Observing, Imitating, and Adding) on the Ability to Write News Texts in Class VIII Students proved significant.

Biografi Penulis

Riska Riska, Universitas Islam Makassar

Mahasiswa PGSD/FKIP/Universitas Islam Makassar

Supriadi Supriadi, Universitas Islam Makassar

Dosen PGSD/FKIP/Universitas Islam Makassar

Rahma Ashari Hamzah, Universitas Islam Makassar

Dosen PGSD/FKIP/Universitas Islam Makassar

Syarifah Nur Fajrin, Universitas Islam Makassar

Dosen PGSD/FKIP/Universitas Islam Makassar

Nur Afni, Universitas Islam Makassar

Dosen PGSD/FKIP/Universitas Islam Makassar

Referensi

Ainamulyana. 2018 Undang-Undang No. 20 Tentang Pendidikan Nasional. Diunduh dari https:// ainamulyana.blogspot.com/2018/06/undang-undang-uu-nomor-20-tahun-2003.html?m=1. Pada Tanggal 28 September 2022.

Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Astuti, Dwi. 2018. Pengaruh Strategi Meniru, Mengolah, Mengembangkan (3m) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Oleh Siswa Kelas VIII SMP Swasta Budisatrya Tahun Pembelajaran 2017-2018. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Bukhari. 2010. Al-Qur’an Hadist tentang Pendidikan. Jakarta: Oasi.

Cahya S, Inung. 2012. Menulis Berita di Media Massa. Klaten: Citra Aji Parama

Cakiban, H. 2016. Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Teks Berita Melalui Strategi “TTW†Dengan Media Foto Jurnalistik. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI). Vol 1. No2.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Harefa, Andrias. 2015. Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Hermawan, Asep Herry, dkk. 2013. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Izzan Ahmad dan Sehudin. 2010. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Luciana Mustinda.

Junaedi, Fajar. 2013. Jurnalisme Penyiaran dan Reportase Televisi. Jakarta: Kencana

Kusumaningrat, Hikmat. 2012. Jurnalistik Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Leo, Sutanto. 2010. Kiat Jitu Menulis dan Menerbitkan Buku. Jakarta: Erlangga.

Miati, Sri. 2017. Penerapan Strategi 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Poster pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 4 Tulungagung. Jurnal Ilmiah Mimpi (Mimbar Pendidikan). Vol 1. No. 1

Munirah. 2015. Pengembangan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish.

Noor. dkk. 2011. Populasi-sampel Data. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Rachmawati Tutik dan Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: PT. Gava Media.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.

Sari, Putie Mayang. 2016. Pengaruh Teknik 3M (Mengamati, Meniru, dan Menambahi) terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita oleh Siswa Kelas VII SMP Budisatrya Medan T.A 2015/2016. Skripsi. Medan.

Sarpika, Evi, Hambali, dan Tarman A. Arief. 2018. Pengaruh Pembelajaran Konstruktivisme terhadap Kemampuan Menulis Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri Mangasa I Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jurnal. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumadiria, H.A.S. 2011. Jurnalistik Indonesia Menulis Berita dan Feature, Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Suprapto, Tommy dan Widyaswara Madya. 2010. Politik Redaksi Berita: Menguak Latar Belakang Teks Berita Media. Malang: Pustaka Kaiswara.

Suryawati, Indah. 2011. Jurnalistik Suatu Pengantar Teori dan Praktik. Bogor: Ghalia Indonesia

Tarigan, H. G. 2013. Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Uno, Hamzah B. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Willing, Sedia Barus. 2010. Jurnalistik: Petunjuk Teknis Menulis Berita. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Diterbitkan

2023-04-01

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check