Pengaruh Teknik 3M (Mengamati, Meniru dan Menambahi) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i1.2481Kata Kunci:
3M Techniques, News Text, Writing Skills.Abstrak
Referensi
Ainamulyana. 2018 Undang-Undang No. 20 Tentang Pendidikan Nasional. Diunduh dari https:// ainamulyana.blogspot.com/2018/06/undang-undang-uu-nomor-20-tahun-2003.html?m=1. Pada Tanggal 28 September 2022.
Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Astuti, Dwi. 2018. Pengaruh Strategi Meniru, Mengolah, Mengembangkan (3m) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Oleh Siswa Kelas VIII SMP Swasta Budisatrya Tahun Pembelajaran 2017-2018. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.
Bukhari. 2010. Al-Qur’an Hadist tentang Pendidikan. Jakarta: Oasi.
Cahya S, Inung. 2012. Menulis Berita di Media Massa. Klaten: Citra Aji Parama
Cakiban, H. 2016. Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Teks Berita Melalui Strategi “TTW†Dengan Media Foto Jurnalistik. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI). Vol 1. No2.
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Harefa, Andrias. 2015. Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Hermawan, Asep Herry, dkk. 2013. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Izzan Ahmad dan Sehudin. 2010. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Luciana Mustinda.
Junaedi, Fajar. 2013. Jurnalisme Penyiaran dan Reportase Televisi. Jakarta: Kencana
Kusumaningrat, Hikmat. 2012. Jurnalistik Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Leo, Sutanto. 2010. Kiat Jitu Menulis dan Menerbitkan Buku. Jakarta: Erlangga.
Miati, Sri. 2017. Penerapan Strategi 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Poster pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 4 Tulungagung. Jurnal Ilmiah Mimpi (Mimbar Pendidikan). Vol 1. No. 1
Munirah. 2015. Pengembangan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish.
Noor. dkk. 2011. Populasi-sampel Data. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Rachmawati Tutik dan Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: PT. Gava Media.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.
Sari, Putie Mayang. 2016. Pengaruh Teknik 3M (Mengamati, Meniru, dan Menambahi) terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita oleh Siswa Kelas VII SMP Budisatrya Medan T.A 2015/2016. Skripsi. Medan.
Sarpika, Evi, Hambali, dan Tarman A. Arief. 2018. Pengaruh Pembelajaran Konstruktivisme terhadap Kemampuan Menulis Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri Mangasa I Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jurnal. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumadiria, H.A.S. 2011. Jurnalistik Indonesia Menulis Berita dan Feature, Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.
Suprapto, Tommy dan Widyaswara Madya. 2010. Politik Redaksi Berita: Menguak Latar Belakang Teks Berita Media. Malang: Pustaka Kaiswara.
Suryawati, Indah. 2011. Jurnalistik Suatu Pengantar Teori dan Praktik. Bogor: Ghalia Indonesia
Tarigan, H. G. 2013. Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Uno, Hamzah B. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Willing, Sedia Barus. 2010. Jurnalistik: Petunjuk Teknis Menulis Berita. Jakarta: Penerbit Erlangga.