Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas 4 Pada SD Negeri Pangkalan

Penulis

  • Suanah Suanah SD NEGERI PANGKALAN, KECAMATAN PARUNGKUDA, KABUPATEN SUKABUMI, JAWA BARAT, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i4.2523

Kata Kunci:

Curriculum, Free Learning, Student Ability

Abstrak

Learning activities with the implementation of the independent learning curriculum focus on freedom in creative and independent thinking to create a fun learning atmosphere. The aim of the research is to analyze the application of the independent learning curriculum to improve students' abilities. Research time in the odd semester of the 2022/2023 academic year. Sources of research data from informants based on purposive sampling technique. Methods of data collection using interviews, observation, document analysis and literature review. The data processing stage classifies and identifies problems. The stages of analysis formulate the results of implementing the independent learning curriculum. The results of the analysis in aspect that is the training has been attended by teachers and education staff. The necessary infrastructure includes learning media, textbooks, computers, infocus, internet networks, libraries and green open spaces. The implementation step is to map capabilities, classify capabilities and determine the type of service. Constraints are still not available on the internet network and learning media. Students are still not familiar with the learning methods in the independent learning curriculum. The impact on students' IQ, EQ and SQ abilities becomes more developed. The challenge for teachers is to take the time to provide services according to the classification of students' abilities.

Biografi Penulis

Suanah Suanah, SD NEGERI PANGKALAN, KECAMATAN PARUNGKUDA, KABUPATEN SUKABUMI, JAWA BARAT

Guru SD

Referensi

Agustinus Tanggu Daga (2022). Penguatan peran guru dalam implementasi kebijakan merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. vol.6, no.1, h.1-24.

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Amalia Dwi Pertiwi, Siti Aisyah Nurfatimah, Syofiyah Hasna. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol.6, No. 2, H. 8839-8848.

Asfiati. (2017). Analisis Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pra Dan Pasca Undang-Undang RI. Multidilinear, 4(1).

Awaluddin Muin, Sitti Jauhar dan Wahni (2022). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di SDN 13 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. vol.5, no.3, h, 724-731.

Bahar H dan Sundi VH. 2020. Merdeka Belajar Untuk Kembalikan Pendidikan Pada Khittahnya. In: Pros SAMASTA Semin Nas Bhs dan Sastra Indonesia. p. 115–122.

Budi Putra Septian dan Abdul Wachid (2021). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak di Sekolah Dasar (Paradigma Profetik). Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. vol.4, no.2, h, 350-359.

Daga AT. 2020a. Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Dasar (Sebuah Tinjauan Kurikulum 2006 hingga Kebijakan Merdeka Belajar). J Edukasi Sumba. 4(2):103–110.

Dahlia Sibagariang, Hotmaulina Sihotang, Erni Murniarti (2021). Peran guru penggerak dalam pendidikan merdeka belajar di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan. Vol.14, No.2, h.88-99.

Dendi Wijaya Saputra, Muhammad Sofian Hadi. (2022). persepsi guru sekolah dasar jakarta utara dan kepulauan seribu tentang kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah PGSD. Vol.6, No.1, h.28-33.

Elisa Fitri, Din Azwar Uswatun dan Irna Khaleda (2021). Analisis Karakter Kreatif dalam Pembelajaran Seni Tari Kelas IV SDN 4 Caringin. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. vol.4, no.3, h, 565-572.

Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi di Masa Pandemi Covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Hendri, Nofri (2020). Merdeka Belajar; Antara Retorika dan Aplikasi. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi, 8(1).

Iin Junarsih (2021). Perencanaan program pendidikan di era merdeka belajar di SD Negeri I Bantul melalui kolaborasi sekolah orangtua dan masyarakat. Prosiding seminar nasional, h.1257-1270.

Ineu Sumarsih, Teni Marliyani, Yadi Hadiyansah, Asep Herry Hernawan, Prihantini. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol.6, No. 5, h.8248-8258.

Kartika (2021). Pengembangan pendidikan karakter siswa dengan sistem merdeka belajar. Jurnal Mikraf: Jurnal Pendidikan. Vol. 2, No.1, h.54-66.

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80-86.

Muhammad Feri dan Andi Prastowo (2022). Pelaksanaan Penilaian Keterampilan dengan Teknik Portofolio pada Peserta Didik Sekolah Dasar di Kabupaten Sijunjung. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. vol.5, no.2, h, 329-335.

Murniarti, Erni (2021). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1418-1427.

Rati Melda Sari (2019). Analisis kebijakan merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan. Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol.1, no.1, h.38-50.

Rosida A. 2020. “Merdeka Belajar” Melalui Model Pembelajaran Blended Learning. LPMP Provinsi DKI Jakarta. https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/merdeka-belajar-melalui-model-pembelajaran-blended-learning/

Saleh M. 2020. Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. In: Prosiding Seminar Nasional Hardiknas. Vol. 1. p. 51–56.

Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, Vol.1, 51-56.

Sari Andani, Nurhayati Selvi dan Musbaing (2022). Peranan Guru dalam Membangun Karakter Siswa Kelas VI SD Negeri Rangat Nusa Tenggara Timur. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. vol.5, no.3, h, 856-862.

Septi Dwi Cahyani, Mudzanatun dan Ervina Eka Subekti (2021). Analisis Peran Guru Dalam Membangun Kepercayaan Diri Siswa Pada Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 2 kelas III SD Negeri Pedurungan Kidul 02 Semarang. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. vol.4, no.1, h, 39-46.

Sherly. Dharma, Edy. Sihombing, Humiras Betty (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Konferensi Nasional Pendidikan DI. Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. h.183-190.

Siregar N, Sahirah R, Harahap AA. 2020. Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah J Islam Educ. 1(1):141–157.

Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2).

Tiwikrama, Ayu. Sri, dkk. 2021. “Merdeka Belajar Dari Rumah: Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Lokalitas di Masa Pandemi Covid-19”, dalam Jurnal Pemberdayaan Masyarakat 34, Volume 9 No. 1. ISSN: 2355-8679.

Tono Supriatna Nugraha (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal Inovasi Kurikulum vol.19, no.2, h. 250-261.

Umi Amellya Pangestika dan Ghullam Hamdu (2021). Implementasi Asesmen Kinerja Berpikir Kritis Berbasis ESD Pada Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. vol.4, no.3, h, 411-418.

Widiyono A, Irfana S, Firdausia K. 2021. Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metode Didaktik J Pendidik Ke-SD-an. 16(2):102–107.

Widodo T, Samad D, Kosim M, Fajri S, Duski FF. 2020. Merdeka Belajar From the Perspective of Family Education. In: Proceeding Glob Conf Ser Soc Sci, Educ Humanity. Vol. 6. p. 1–6.

Yamin,M., & Syahri (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal ilmiah mandala education. 6(1), 126-136.

Diterbitkan

2024-03-05

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check