Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Religius Pada Peserta Didik di Sekolah Dasar Pertiwi
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i1.2580Kata Kunci:
Character Education, Character Application, Religious Character.Abstrak
Referensi
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 23–24.
Amran, M., Sahabuddin, E. S., & Muslimin. (2018). 6121-14535-1-Pb. In Prosiding Seminar Nasional Administrasi dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy (pp. 254–261).
Huda, N. (2019). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pendidikan Pencak Silat (Studi Multi Kasus Persaudaraan Setia Hati Terate di SMP Bahrul Ulum Putat Jaya dan Pagar Nusa di SMP KHM.Nur Karang Tembok. Tesis.
Kosim, N., & Hadi, M. N. (2019). Implementasi Gerakan Shalat Fardhu Sebagai Motivasi Aspek Kesehatan. Jurnal Mu’allim, 1(1), 143–160. https://doi.org/10.35891/muallim.v1i1.1357
Kurniawan, M. A., Ysh, A. Y. S., & Artharina, F. P. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Religius Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sdn Jambean 01 Pati. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(2), 197–204.
Laela, K., & Arimbi, P. A. (2021). Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Pembiasaan Shalawat dan Asmaul Husna di SDN 2 Setu Kulon. Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0, 432–439.
Mubarokah, S. (2019). Strategi Tahfidz Al-Qur’an Mu’allimin Dan Mu’allimat Nahdlatul Wathan. Jurnal Penelitian Tarbawi, 4(1), 9.
Nasution, A. Y. (2019). Jurnal madani : Analisis Zikir dan Doa Bersama (Perspektif Empat Madzhab). 2(1), 1–14.
Octaviani, A. A., Furaidah, F., & Untari, S. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Nilai Religius Dalam Program Kegiatan Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1549. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13044
Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 42. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.14985
Rahmawati, N. R., Oktaviani, V. D., Wati, D. E., Nursaniah, S. S. J., Anggraeni, E., & Firmansyah, M.I. (2021). Karakter religius dalam berbagai sudut pandang dan implikasinya terhadap model pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), 535. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i4.5673
Rohimat, M., Yasyakur, M., & Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, S. (2021). Upaya Guru Mengaji dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Masjid Jami At-Taufiq Situ Gede Kota Bogor. c, 21–34.
Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 5 (1), 1.https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Trimuliana, I., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2019). Perilaku Religius Anak Usia 5-6 Tahun pada PAUD Model Karakter. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 570. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.251
Wiyani, Novan Ardy. 2018. Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management, Yogyakarta: Ar-Ruzz Me