Penerapan Model Pembelajaran Quick On The Draw dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa

Penulis

  • Muhammad Amran Universitas Negei Makassar, Indonesia
  • Abdul Hafid Universitas Negei Makassar, Indonesia
  • Anniza Yulia Safitri Universitas Negei Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i1.2581

Kata Kunci:

Learning outcomes, Quick on the draw

Abstrak

The problem of this research is the low science learning outcomes of students. The purpose of this study was to find out the results of students' science learning by applying the quick on the draw learning model for fourth grade students at SD Inpres 6/75 Biru, Tanete Riattang District, Bone Regency. The approach in this research is a qualitative descriptive approach. Subjects in the study were fourth grade students with a total of 25 people consisting of 13 boys and 12 girls. Data collection techniques used are observation, tests and documentation. The results of the study showed an increase. Cycle I achieved the qualification of Enough (C) and cycle II achieved the qualification of Good (B). The conclusion of this study is that applying the quick on the draw learning model can improve students' science learning outcomes in Class IV SD Inpres 6/75 Biru, Tanete Riattang District, Bone Regency. 

 

Biografi Penulis

Muhammad Amran, Universitas Negei Makassar

Abdul Hafid, Universitas Negei Makassar

Dosen PGSD/FIP/Universitas Negeri Makassar

Anniza Yulia Safitri, Universitas Negei Makassar

Mahasiswa PGSD/FIP/Universitas Negeri Makassar

Referensi

A, N., & Amran, M. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Mapala Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, (1), 11.

Anshor, S., Sugiyanta, I. G., & Sri, R. K. U. 2015. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografi. Jurnal Penelitian Geografi, 3(7), 1–9.

Arikunto, S. 2020. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 6.

Ely, I. et. al. 2019. Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Limit Fungsi Aljabar. Jurnal Pendidikan, (1), 37–42.

Fatmaningrum, S. A. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw Terhadap Hasil Belajar Siswa. 1–9.

Ginnis, P. (2020). Trik & Taktik Mengajar. Jakarta: Indeks.

Lestiyaningsih, H., Hobri, & Indah, A. (2013). Penerapan Pembelajaran Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Sub Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII F Semester Ganjil SMP Negeri 10 Jember Tahun Ajaran 2012/2013. Kadikma, 4(2), 39–48.

Novianti, N. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Aljabar Bentuk Akar Di Kelas X SMA Negeri 2 Bireuen. Jurnal Pendidikan Almuslim, 3(2).

Nugroho, T. A. T. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Keterampilan Proses IPA dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta. Yogyakarta : UNY Press.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundari, F. 2019. Penerapan Model Kooperatif Tipe Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Siswa. Bandung: UPI Press.

Surmayani, L. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Quick On The Draw Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Kampung Baru Kabupaten Kuantan Singingi. Pekanbaru: UINSSKR Press.

Triantono. 2014. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembagan Profesi Pendidikan & Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Yunita, D., & Wijayanti, A. 2017. Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160.

Diterbitkan

2023-04-01

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check