Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i1.2603Kata Kunci:
Learning Outcomes, Science Lessons, STAD.Abstrak
Referensi
Hazmiwati. (2018). 178 Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar IPA Hazmiwati. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(April), 178–184.
Kurniawan, M. R., & Rahman, Y. A. (2019). TEORI BELAJAR KOGNITIF Membedah Psikologi Belajar Jean Piaget. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 1–10.
Lomu, Lidia dan Widodo, A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 745–751.
Mahmudah, Z. (2018). Bengkulu, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V di SDN 08 Kota.
Masni, H. (2015). STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Dikdaya, 05 NO.01, 34–45.
Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar. 441–451.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Pamungkas, B. T. (2016). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA melalui Strategi STAD pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pilangrejo 1 Boyolali Tahun 2015/2016.
Purwati, N. L. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran STAD di Kelas VI SD Negeri 42 Mataram. 6(Cl).
Sudana, A, P. Wesnawa A, G. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359
Sulihin, S. . (2012). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.411
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. 02(01), 36–46.
Sutriyani, Elma dan Octaviani, R. (2019). Analisis Data dan Pengecekan Keabsahan Data.
Syamsudin, A. K. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD Menggunakan Penilaian Portofolio dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Madrasah Aliyah As’ad. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:
Tasya Nabillah, & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 659–663.
Winangun, I. M. A. (2020). Media Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran IPA SD. 1(1), 65–72.
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. 4(1).
Yusran, A. M. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Student Teams- Achievement Divisions (STAD) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 1 Sinjai Kabupaten Sinjai.