Penerapan Model Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V SDN 36 Parepare
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i1.2634Kata Kunci:
Human Interaction, Learning Outcomes, Teams Games Tournament.Abstrak
Referensi
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press
Anggraeni, V., & Wasitohadi, W. (2014). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt)Di Sekolah Dasar Virgo Maria 1 Ambarawa Semester II Tahun Pelajaran 2013 2014. Satya Widya, 30(2), 121.
Azizah, A & Fayakunia, (2021). Realita Fatamorgana. Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Auladuna, 00 (00), XX-XX.
Damayanti, S & Tohimin, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 00(00), XX–XX.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Halik, A., Ilmi, N., Faisal, M., & Fadillah, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(2), 462.
Hasnah. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share di Kelas IV SD Negeri Kiru Kiru Kabupaten Barru. Jurnal Publikasi Pendidikan. 111(1), 26-33.
Listyarini, D. W., As'ari, A. R., & Furaidah. (2018). Pengaruh Model Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Halma terhadap Minat dan Hasil Belajar pada Materi Bunyi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 3(5), 542.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis. America: SAGE Publications
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2), 333–352.
Pebriana, P. H. (2017). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik dengan Model Kooperatif Tipe Tgt di Kelas III SD Negeri 18 Langgini Bangkinang. Jurnal Basicedu, 1(1), 55–61.
Rofiq, M.A, Mahmud, M. A. & Musfiroh, I.A.(2019). Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Melalui Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) di Kelas V MI AT Tarbiyah LOA Janan. Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran. 6(2), 109-130.
Seran, E. B., Ladyawati, E., & Susilohadi, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2:), 115–120.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, D., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Awal Pembentuk Moral Bangsa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (3), 7127.