Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Tentang Operasi Bilangan Bulat
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i1.2656Kata Kunci:
Integers, Mathematical Communication Skills, Word Problems.Abstrak
Referensi
Ansari, B.I (2016). Komunikasi Matematik Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar Konsep Dan Aplikasi. Banda Aceh : Pena
Baroody, A.J. (1993). Problem Solving, Reasoning and Communicating. K- 8: Helping Children Think Mathematically. New York: MacMillan Publishing Company.
Benu, Rince S.M, dkk (2022). Analisis pemahaman konsep dasar operasi hitung bilangan bulat mahasiswa Pendidikan Guru Dasar. Jurnal Alpen, Vol.6 No.1
Dianti, Alin Putri., Aam Amaliyah & Candra P. Rini. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas Iv Sd Negeri Petir 4 Kota Tangerang. Baradah Jurnal. Volume 2 Nomor 1 (Desember 2021 –Februari 2022)
Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Larasati, dkk. (2018). Implementasi Strategi Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD. Jurnal PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (1), hlm. 1 – 10.
NCTM, (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, inc
Nurhartianti, Rini & Karlimah. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas II SD pada Penyelesaian Soal Cerita Perkalian Bilangan Cacah. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 5, No. 2 (2018) 119-128
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Standar Isi (Online) Tersedia di https://www.scribd.com/doc/48620 155/Lampiran-Permendiknas- Nomor-22-Tahun-2006-Tentang- Standar-Isi-Lampiran-SD-MI. Diakses pada tanggal 13 Juli 2020.
Rahardjo, M., & Waluyati, A. (2011). Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran Di Sekolah Dasar.Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika
Rismayanti dan Siti Nurhajizah (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp melalui self confidence pada materi relasi dan fungsi. Journal on education. Vol.2 No.2 Hal. 222-225
Solihat, I., Karlimah., & Elan. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Pada Penyelesaian Soal Cerita Luas Daerah Bangun Datar Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 5(3), 7-17.
Sugiyono (2015) Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Suryadi, D. (2012). Komunikasi Matematika dan Pendidikan Matematika Realistik. (http://bundaiza.files.wor dpress.com/2012/12/komunikasi_ matematik_dan_pmr- prosiding.pdf) diakses 25 Juli 2020.
Wahyuddin, W. (2017). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 148-160.