Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Katolik Nabutaek
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i1.2659Kata Kunci:
Audio Visual Media, Elementary School, Learning Outcomes.Abstrak
Referensi
Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Ainina, Indah Ayu. 2014. Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal Of History Education. 3(1) 41-42. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/download/3909/3539.
Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: PT Revika Aditama.
Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Bahriyan, Wildan. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media AudioVisual Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam dan Kegiatan Manusia Kelas V SDN Tingkir Lor 01 Salatiga Tahun Ajaran 2016/2017.
Cahyadi, Ani. 2019. Pengembangan Media Dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Serang: Laksita Indonesia.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup, 1(1), 841–850. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3576
Hasan, H. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasan Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 22–33.
Huda, Latiful. 2019. Hakikat pembelajaran IPA. Jurnal Kependidikan. 1(1) 1-14 www.maraji.net./index.php/maraji/article/view/14/17
Kembuan, Ester Magdalena. 2019. Peran Teknologi Audio Visual Dalam Pengembangan Pembelajaran Anak Di Sekolah Dasar Karya Anak Bangsa Di Manado [The Role Of Technology And Audio-Visual In Learning Development At Anak Bangsa Elementary School, Manado. Jurnal Ilmiah. 15(1):73-92. https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/1311. Diakses 10 Mei 2020.
Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press
Kokasih, Nandang & Dede Sumarna. 2013. Pembelajaran Quantum Dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.
Ode, E. O. (2014). Impact of Audio-Visual (AVs) Resources on Teaching and Learning in Some Selected Private Secondary Schools in Makurdi. International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature (IMPACT: IJRHAL), 2(5), 195–202. http://www.impactjournals.us/journals.php?id=11&jtype=2&page=9
Purnama, Sigit (dkk). 2020. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik-Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Suprahatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Yani, Ahmad & Mamat Ruhimat. 2018. Teori dan Implementasi Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.