Komparasi Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Penerapan Model Pembelajaran TAI dan TGT
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i4.2704Kata Kunci:
activeness, learning outcomes, TAI and TGT.Abstrak
Referensi
Anggraeni, A. S., Budiyono, B., & Pramesti, G. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Segitiga Dan Segiempat Bagi Siswa Kelas VII B SMPN 14 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika Solusi, 1(5), 85-103.
Antoro, B. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Model Pembelajaran Team Game Tournament. Warta Dharmawangsa, 14(3), 444-458. Https://Doi.Org/10.46576/Wdw.V14i3.827
Damayanti, S., & Apriyanto, M. T. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(2), 235-244. Https://Doi.Org/10.30998/Jkpm.V2i2.2497
Fauzie, R. S., Gunadi, F., & Hadi, I. P. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Persamaan Trigonometri. Wacana Didaktika, 10(2), 55-64
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1-13. Https://Doi.Org/10.54437/Irsyaduna.V1i1.236
Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69-80.
Kosasih, A. M. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Accelerated Intruction (Tai) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik. Didaktik : Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 2(2), 396-435. Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V2i2.52
Lastuti, P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa MTSN 2 Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal Scientific Of Mandalika (Jsm) E-Issn 2745-5955 | P-Issn 2809-0543, 1(4 November), 272-284.
Mayasari, F. D. (2017). Pengaruh Konsentrasi Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Ngabang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk), 6(6), Article 6. Https://Doi.Org/10.26418/Jppk.V6i6.20651
Meneses, F. Da C. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Indonesian Journal Of Educational Development (Ijed), 1(2), 199-209. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.4003871
Nuryanti, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bilangan Romawi Bagi Siswa Tunarungu Kelas IV SDLB (Penelitian Eksperimen Dengan One Group Pretest Posttest Design Di SLB B Sukapura Kota Bandung). Jassi Anakku, 19(1), 40-51. Https://Doi.Org/10.17509/Jassi.V19i1.22711
Putri, A. E., Wahyuni, A., & Kuning, D. S. (2019). Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa SMA Pada Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif. Semnasfip, 0, 140-147. Https://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Semnasfip/Article/View/5120
Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa Yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1(0), 224-232. Http://Jurnal.Unissula.Ac.Id/Index.Php/Ippi/Article/View/2193
Sumarli, S. (2018). Analisis Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1), 8–13. Https://Doi.Org/10.26737/Jipf.V3i1.335
Suseno, W., Yuwono, I., & Muhsetyo, G. (2017). Peningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Pembelajaran Kooperatif TGT. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1298-1307. Https://Doi.Org/10.17977/Jptpp.V2i10.10061
Thalita, A. R., Fitriyani, A. D., & Nuryani, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 147–156.
Yunita, A., Juwita, R., & Kartika, S. E. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V9i1.606