Penggunaan Media Konkret Terhadap Keaktifan Belajar Pembelajaran Matematika Kelas II SD Supriyadi 02 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i2.2729Kata Kunci:
Active Learning, Concrete media, Mathematics Learning.Abstrak
Referensi
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Anggit Sukmawati. 2020. Meta Analisis Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika TSCJ, Vol 3 No 2, Tahun 2020 P-ISSN: 2615-4692 E-ISSN: 2615-6105
Dwisa, S. O. M., & Maryono, M. (2022). Penggunaan Media Konkret untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Kelas V SDN 078/I Teluk Ketapang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 1036-1045.
Fadjrin, N. N. (2018). Hubungan keaktifan belajar di sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1-13.
Moloeng, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nasaruddin, N. (2015). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21-30.
Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Nurfatimah, N., Affandi, L. H., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis keaktifan belajar siswa kelas tinggi di SDN 07 sila pada masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 145-154.
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40.
Sari, Y. N. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran means ends analysis menggunakan media video terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Pagar Alam. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 89-103.
Septiyani, T., Tampubolon, B., & Rosnita, R. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Konkret Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas I SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(1).
Setyawan, D. (2020). Meningkatan hasil belajar siswa menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media konkrit. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 155-163.
Shoimah, R. N., & Syafi'aturrosyidah, M. (2021). Penggunaan media pembelajaran konkrit untuk meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep pecahan mata pelajaran Matematika siswa kelas III MI Ma’arif Nu Sukodadi-Lamongan. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 1-18.
Susanti, S., & Kurniawati, A. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Menggunakan Metode Gambar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1).
Tersiana Andra (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta: Start Up.
Zain wan, Saiful. B. D. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta