Problem Based Learning dalam Pembentukan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas 3 SD
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i2.2751Kata Kunci:
Independent, Learning, Problem based learning.Abstrak
Referensi
Amin, S. M., Kusumaningrum, D. E., & Kurniasih, E. D. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah: Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 287-297
Arikunto,Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32.
Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMKN 1 CIHAMPELAS. Journal On Education, 382-389.
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 71-78.
Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh kemandirian belajar siswa SMP terhadap kemampuan penalaran matematis. Journal on Education, 1(2), 288-296.
Fathani, Abdul Halim, 2016. Matematika: Hakikat dan Logika. Jogjakarta: ArRuzz Media
Fauzia, H. A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING . Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 40-47.
Haryanti, T., Dwiwahyunie, P., & Rahayu, W. (2018). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(3), 199-207.
Izzati, I. N., & Budiawan, R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 92-104
Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 1214-1223.
Nurhayati, R., & Hartono, H. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas III SD. Jurnal Pedagogik, 6(2), 97-106.
Rantina, M. (2015). Peningkatan Kemandirian Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 181-200.
Riyanti, Y., Wahyudi, W., & Suhartono, S. (2021). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1309-1317.
Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis–logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1).
Surya, Y. F. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 016 LANGGINI KABUPATEN KAMPAR. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 38-53.
Suryani, Y., & Ulum, B. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA Terpadu untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas III. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 112-119.
Tersiana Andra (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta: Start Up.