Problem Based Learning dalam Pembentukan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas 3 SD

Penulis

  • Tiara Ika Nor Khayati Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Aries Tika Damayani Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Kartinah Kartinah Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ranto Netty Sofiati Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i2.2751

Kata Kunci:

Independent, Learning, Problem based learning.

Abstrak

This study aims to describe the use of problem-based learning models in the formation of student learning independence. This research was conducted at SD Supriyadi 02 Semarang. The method used in this research is to use descriptive qualitative methods. The technique used in collecting data using observation and questionnaires / questionnaires containing 20 questions with 5 indicators. The question indicators include not depending on other people, self-confidence, responsibility, initiative and motivation. The results of the participants' responses as many as 28 respondents to the learning independence indicator were accumulated to get 94% results into the positive category, so that it can be said that the problem based learning model can shape the learning independence of grade 3 students at SD Supriyadi 02 Semarang.

Biografi Penulis

Tiara Ika Nor Khayati, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa PPG Prajabatan/Universitas PGRI Semarang

Aries Tika Damayani, Universitas PGRI Semarang

Dosen PPG Prajabatan/Universitas PGRI Semarang

Kartinah Kartinah, Universitas PGRI Semarang

Dosen PPG Prajabatan/Universitas PGRI Semarang

Ranto Netty Sofiati, Universitas PGRI Semarang

Guru SD Supriyadi 02 Semarang

Referensi

Amin, S. M., Kusumaningrum, D. E., & Kurniasih, E. D. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah: Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 287-297

Arikunto,Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32.

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMKN 1 CIHAMPELAS. Journal On Education, 382-389.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 71-78.

Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh kemandirian belajar siswa SMP terhadap kemampuan penalaran matematis. Journal on Education, 1(2), 288-296.

Fathani, Abdul Halim, 2016. Matematika: Hakikat dan Logika. Jogjakarta: ArRuzz Media

Fauzia, H. A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING . Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 40-47.

Haryanti, T., Dwiwahyunie, P., & Rahayu, W. (2018). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(3), 199-207.

Izzati, I. N., & Budiawan, R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 92-104

Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 1214-1223.

Nurhayati, R., & Hartono, H. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas III SD. Jurnal Pedagogik, 6(2), 97-106.

Rantina, M. (2015). Peningkatan Kemandirian Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 181-200.

Riyanti, Y., Wahyudi, W., & Suhartono, S. (2021). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1309-1317.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis–logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1).

Surya, Y. F. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 016 LANGGINI KABUPATEN KAMPAR. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 38-53.

Suryani, Y., & Ulum, B. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA Terpadu untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas III. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 112-119.

Tersiana Andra (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta: Start Up.

Diterbitkan

2023-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check