PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SAINS MELALUI PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN RETRIEVAL REMEDIAL MURID SD DI KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v1i2.280Kata Kunci:
Motivasi belajar, program pembelajaran Retrieval Remedial, dan Ketuntasan Belajar Sains.Abstrak
Referensi
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriono. 2004. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta
Anwar. 2004. Pendidikan kecakapan hidup (Life Skill Education). Bandung: Alfabeta
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar Ruz Media.
Departemen Pendidikan Dasar. 2014. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.
Dimyati dan Mudjiono, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. 2014. Panduan Pelaksanaan Pembelajaran dalam Program Retrieval Remedial di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. 2014. Petunjuk Teknis penyelenggaraan program Kembali Bersekolah (Retrieval Remedial) sekolah dasar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar
Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.
Edi. M. 2011. Keterampilan Proses Sains Di Sekolah Dasar. (online), (https://www.academia.edu/8851414/Keterampilan_Proses_Sains_-_Sekolah_Dasar). di akses 7 Agustus 2011.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima). Semarang: Universitas Diponegoro.
Gintings, Abdorrakhman.2010. Esensi Praktis Belajar dan Mengajar. Bandung: Humaniora.
Handoko, Badriyah. 2013. Pengelolaan PAUD Berbasis Masyarakat Dengan Pendekatan Holistik Integratif. PP-PAUDNI
Hernawan, Asep herry. 2012. Diktat Pendidikan Sains. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Iskandar M, Srini. 1997. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar. Bagian proyek pengembangan pendidikan Guru Sekolah dasar. IBRD:LOAN 3496-IND.
Khafid, Muhammad. 2008. Pengaruh Lingkungan keluarga, Lingkungan sekolah, metode pembelajaran, dan motivasi belajar terhadap ketuntasan belajar Akuntansi kelas XI di Madrasah Aliyah YASPIA Grobogan. Skripsi. Pontianak.
Nasution, S. 2009. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Nugroho, Aditya. 2015. Pengaruh Motivasi Dan Minat Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Diklat Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Smk Negeri 1 Sedaya. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurhasanah. 2015. Contextual Game Learning (Cgl) As A Means Of Improving Elementary School Students’ Abilities In Learning Mathematics In Special Service Class (Retrieval-Remedial) Program In Indonesia. International Journal of Technical Research and Applications e-ISSN: 2320-8163, www.ijtra.com Special Issue 20 (June, 2015).
Purwanto, M. Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ruslan. 2009. Validitas Isi. Buletin Pa’buritta. No. X. Tahun IV. September
Rustaman, N.Y, dkk. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Jurusan Pendidikan Biologi UPI. Bandung.
Santoso, Singgih. 2002. Buku Latihan SPSS Statistik Multivariate. Jakarta : Elex Media Komputindo
Sardiman. A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta.
Slavin, R. 2000. Educational Psychology Theory and Practice. Boston: Allyn Bacon.
Soemanto, Wasty. 1998. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi, Dewa Ketut. 2000. Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional,
Supina. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. Skripsi. Pontianak: Universitas Tanjungpura.
Suryabrata, Sumardi 2002. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Metode Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tiro, M. A & Sukarna. 2012. Pengembangan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian. Makassar: Andira Publisher.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan