Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 77 Parepare
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i3.2806Kata Kunci:
Heat Transfer, Problem Based Learning (PBL), Study ResultsAbstrak
Referensi
Alirmansyah, A. (2022). Meningkatkan pembelajaran efektif dengan menggunakan pembelajaran “Problem Based Learning” di SDN 181/IX Berkah. (Doctoral Dissertation, Universitas Jambi).
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. PT Asdi Mahasatya.
Halik, A., Muslimin, M., & Sunardi, N. F. (2021). Penerapan Metode Directed Reading Thinking Activity Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPT SD Negeri 228 Pinrang. Doctoral dissertation. Universitas Negeri Makassar.
Helaludin, H. W. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik (p. 33).
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5–11.
Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses.
Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2).
Lepini, K. N. P., Suarjana, I. M., & Sudarmawan, G. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Ipa Siswa Kelas IV SD. Pengembangan Pendidikan, 5(2).
Musfirah, Mukhlisa. N., Nur, F. (2021). Penerapan Model Take and Give Pada Pembelajaran Tema 2 Tentang Persatuan dan Kesatuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI UPT Sd Negeri 109 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan.
Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 3(4).
Rifki, H. (2022). Problematika Pembelajaran Tematik Di SD Negeri 66 Kota Bengkulu. (Doctoral Dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).
Rizal, M., Saputra, Dani Nur, & L. H. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Rusman. (n.d.). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik, 7(1).
Sultan, M. A., & Paurru, T. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V UPT SD Negeri 96 Pinrang. Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 1(1).