PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID SEKOLAH DASAR DI KOTA MAKASSAR

Penulis

  • Ira Irviana Universitas Islam Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v1i2.282

Kata Kunci:

Pendekatan Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Matematika.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar matematika murid SD Inpres BTN IKIP 1 Makassar (ii) Untuk mengetahui gambaran penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika di kelas IV SD Inpres BTN IKIP 1 Makassar (iii) Untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar matematika murid di SD Inpres BTN IKIP 1 Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian true experiment (experiment penuh). Penelitian ini dirancang untuk mendapatkan pengaruh penerapan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar murid. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control group design didasarkan pada Sugiono (2010), yang melibatkan dua kelompok yaitu satu kelompok sebagai kelompok kontrol dan satu sebagai kelompok eksperimen yang dipilih secara random kemudian diberikan pretest untuk mengetahui keadaan awal. Dalam kelompok eksperimen dilakukan dengan menggunakan penerapan pembelajaran kontekstual pada murid kelas IV SD BTN IKIP 1 Makassar. Dalam kelas kontrol pembelajaran dilakukan di dalam ruang kelas dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan media pembelajaran berupa literatur tentang materi matematika dan lembar kegiatan murid. Setelah diberikan perlakuan pendekatan kontekstual, hasil belajar siswa mengalami peningkatan. 

Biografi Penulis

Ira Irviana, Universitas Islam Makassar

Dosen Prodi PGSD Universitas Islam Makassar

Referensi

Elaine B. Johnson, PH.D. (2007). Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC.

Hamzah B. Uno dan Satria Koni, 2012. Assesmen Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hamruni. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Karso. (2007). Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nana Sudjana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono.(2010). MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta.

Tim MKPBM. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI

Yusuf, A Muri.2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Penelitian. Prenadamedia Group. Jakarta.

Diterbitkan

2018-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check