Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i2.2872Kata Kunci:
Experimental class, Learning outcomes, Problem based learning.Abstrak
Referensi
Ariyanto, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 133. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3844
Bagiyono. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1. Bagiyono, 16(No. 1), 1–12. http://repo-nkm.batan.go.id/140/1/05_analisis_tingkat_kesukaran.pdf
Dari, Otavia. Wulan., & Taufina. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 98–107.
Fauhah, H., & Brillian, R. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa no title. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 325. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/10080
Hermansyah. (2020). Problem Based Learning in Indonesian Learning. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series 3 (3) (2020) 2257- 2262, 3(3), 2257–2262.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Idrus. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 9(2), 920–935.
JUNAIDI. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis. Jurnal Socius, 9(1), 25. https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v9i1.7767
Maryati, Iyam. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342
Nur Savitri. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI SD MUHAMMADIYAH 1 JEMBER. Digital Repository Universitas Jember, September 2019, 2019–2022. Pendidikan, 1 (2), 257267. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4269. Prinsip dan Prosedur). Madiun: UNIPMA PRESS, 24
Ramlawati, Yunus, Siti. Rahma., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 6(1), 1–14. http://ojs.unm.ac.id/sainsmat/article/download/6451/3684
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Sulistyowati, E. (2019). Meningkatkan keterampilan dan hasil belajar bahasa indonesia tentang menulis surat resmi melalui contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas VI SD 6 getassrabi. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1–8.
Suprijono, Agus., 2017. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:
SYAFRIDA. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PELAJARAN IPA KELAS IX MTsN 1 BENGKALIS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Akademika: Vol. 15 No. 1 Juni 2019, 45(45), 95–98.
Syamsidah, Suryani Hamidah (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 13-14.