Pengaruh Penggunaan Media Video Sparkol Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Tidung

Penulis

  • Syamsuryani Eka Putri Atjo Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Muhammad Faisal Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Yulanda Jesika Putri Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i2.2885

Kata Kunci:

Learning Motivation, Sparkol, Student, Video Media.

Abstrak

This study is an experimental study that aims to determine the description  of the use of sparkol videomedia, learning motivation, and the effect of the use of sparkol  video media on learning motivation in grade IV students of SD Negeri Tidung. This type of research is quantitative research. The population amounted to 34 students. The data analysis technique used is hypothesis testing using t-test with the type of Independent Sample Test. Based on the observation sheet, it can be concluded that the learning process using sparkol  video media goes very well. Based on the questionnaire of student learning motivation in the experimental class before  being given treatment in the form of videomedia, sparkol  was in the medium category, after being given treatment was in the high category. While the learning motivation of students in the control class before being given treatment in the form of image media was in the medium category, after being given treatment was in the medium category. Based on the results of inferential statistical analysis or hypothesis testing, it can be concluded that the use of sparkol  video media has a significant effect on student learning motivation. significantly on student learning motivation.

Biografi Penulis

Syamsuryani Eka Putri Atjo, Universitas Negeri Makassar

Dosen PGSD/FIP/Universitas Negeri Makassar

Muhammad Faisal, Universitas Negeri Makassar

Dosen PGSD/FIP/Universitas Negeri Makassar

Yulanda Jesika Putri, Universitas Negeri Makassar

Mahasiswa PGSD/FIP/Universitas Negeri Makassar

Referensi

Absor, Muhammad Khoirul. 2015. Pengembangan Media Berbasis Videoscribe Pada Tema Indahnya Negeriku Pada Subtema Keanekaragaman Hewan Dan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 di MI Perwanida Blitar, Skripsi, (Malang: Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim, h.95.

Al Munawarah, R. 2019. Sparkol videoscribe sebagai media pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 430-437.

Fakhruddin, F., Ahmadi, F., Sumilah, S., & Ansori, I. 2017. IBM Guru Sekolah Dasar Melalui Upaya Peningkatan Kualitas Guru dengan 1 Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran pada Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Abdimas, 21(2), 103-110.

Hamzah B. Uno. 2017. Teori Motivasi Dan Pengukurannya (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, dkk. 2022. Pengaruh Media Sparkol Videoscribe Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Jurusan TKJ di SMK Panca Marga. Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal Kependidikan Media.

Ismail, I., Enawaty, E., & Lestari, I. 2018. Pengaruh penggunaan media pembelajaran videoscribe terhadap hasil belajar siswa materi ikatan kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(10).

Latifah, dkk. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Video scribe Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Sukamurni 1 Kabupaten Tangerang. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyyah, 6 (1) Oktober 2020.

Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rahayu, R., Masniladevi. 2019 pengaruh Penggunaan Media Sparkol Video scribe Terhadap Komunikasi Matematis Materi Faktor dan Kelipatan Bilangan Kelas IV SDN 04 Pasar Surantih. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4 (3), 2239-2249.

Rahim, F. R., dkk. 2019. Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. (3 November 2019).

Safarati, N., Rahma, R., Fatimah, F., & Sharfina, S. 2020. Pelatihan Inovasi Pembelajaran Menghadapi Masa Pandemic Covid-19. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 240-245.

Sardiman, A. M. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok : Rajawali Pers.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Taufiq, Fillyas Rahmat. 2016. Pengembangan Media Materi Keadaan Alam Di Indonesia Menggunakan Perangkat Lunak Videoscribe Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII, Skripsi, (Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, h.4.

Yuliana Dewi, A. 2019. Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Kemampuan Berkomunikasi Guru di Kelas Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas Xi Iis Man Se-Kota Tasikmalaya (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Diterbitkan

2023-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check