Kuya Ngagandong Imahna: Analisis Keterampilan Membaca Dongeng Bahasa Sunda pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i3.2947Kata Kunci:
Fables, Fairy Tales, Reading Skills, Sundanese.Abstrak
Referensi
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Aulia, K., & Mastoah, I. (2019). Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas 3 Di Mi Al- Hidayah Gorda (Studi Kasus Kesulitan Membaca). 6(02).
Aviani, N. S., Sutisnawati, A., Nurmeta, I. K., Surtini, A., & Novianti, S. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Cerita Pendek Wayang Sukuraga. Jurnal Basicedu, 6(5), 8641–8651. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3873
Bastin, N. (2022). Keterampilan Literasi, Membaca, dan Menulis. Nahason Bastin Publishing.
Darmadi. (2018). Membaca Yuk Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Sejak Usia Dini. Guepedia Publisher.
Guntur, M., Marnayana, & Handayani, H. (2022). Buku Ajar Pembelajaran Membaca Pemahaman Berbasis CLIL (Content and Language Integrated Learning). CV. Mitra Cendekia Media.
Juhaeni, J., Agista Ifain, Asadine Silmi Kurniakova, Azmi Tahmidah, Dwi Nur Arifah, Siti Faridha Friatnawati, Safaruddin, S., & R. Nurhayati. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 2(3), 126–134. https://doi.org/10.53621/jider.v2i3.74
Kesuma, P. Z. (2022). Cara Ajaib Menutrisi Otak Anak. Bentang Pustaka.
Khairisofa, F. (2017). Pengembangan Modul Membaca Permulaan Untuk Anak Berkesulitan Belajar Kelas Iii Sekolah Dasar Negeri 2 Bero, Trucuk, Klaten. Jurnal Widia Ortodidaktika, Vol 6, No 5. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/plb/article/view/7784
Kumullah, R., Yusuf, A., & Mahmud, A. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dikdas Matappa, 4(1), 113-120 http://dx.doi.org/10.31100/dikdas.v4i1.1035
Mardiyanti, L., Maula, L. H., Amalia, A. R., Heryadi, D., & Ramdani, I. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Media Big Book Sukuraga di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6387–6397. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3227
Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Absolute Media.
Musbikin, I. (2021). Penguatan Karakter Gemar Membaca, Integritas dan Rasa Ingin Tahu—Google Books. Nusa Media. https://www.google.co.id/books/edition/Penguatan_Karakter_Gemar_Membaca_Integri/yqxuEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Penguatan+Karakter+Gemar+Membaca,+Integritas,+dan+Rasa+Ingin+Tahu&pg=PA37&printsec=frontcover
Mustadi, A., Amelia, R., Budiarti, W. N., Anggraini, D., Amalia, E., & Susandi, A. (2021). Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dan Bersastra yang Efektif di Sekolah Dasar. UNY Press.
Nugraha, A. P., Ms, Z., & Bintoro, T. (2018). Hubungan Minat Membaca dan Kemampuan Memahami Wacana dengan Keterampilan Menulis Narasi. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 19. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11647
Nurhadi. (2022). Teknik Membaca. Bumi Aksara.
Pradita, L. E., & Jayanti, R. (2021). Berbahasa Produktif melalui Keterampilan Berbicara: Teori dan Aplikasi. Penerbit NEM.
Riyanti, A. (2021). Keterampilan Membaca. Penerbit K-Media.
Rosyada, D. (2020). Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan. Prenada Media.
Sari, N. P. (2022). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Pada Siswa Kelas 1 SDIT Al Marhamah Kampung Dalam Pariaman [Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar]. https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/batusangkar/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdLhU%2FygDlMHOeI1hG2Q18n0WeUCPnwBcYOBKZLSEz%2FJKfX6UWARHyS5hEBQIdYY2dYJFh9Pm96Y0%2BTUMaEmbWbCyOSbx371kfKAVt7CXGNISWoth4Vsz4YwKsk%2F6fyNruggDw4gYQZ1vXIka1llogg976y2oJZqylM%3D
Sholihah, Q. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian. Universitas Brawijaya Press.
Suastika, N. S. (2019). Problematika Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905
Sukardi. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya (Edisi Revisi). Bumi Aksara.
Sunarti, S. (2021). Pembelajaran Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar. Penerbit NEM.
Yasinta, P. Y., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Penerapan Metode Shared Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Di Kelas Tinggi (No. 1). 3(1), Article 1. https://doi.org/10.37150/perseda.v3i1.457