Peningkatan Pemahaman Konsep Pengukuran Satuan Waktu Melalui Model Pembelajaran Tipe STAD
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i3.2965Kata Kunci:
Concept Understanding, Measurement, STAD Learning Models.Abstrak
Referensi
Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. May, 0-7.
Anugrah, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas). Yogyakarta: Leutikaprio.
Aqib, Z., Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Deepublish.
Asfar, A. M. I. T., Asmawaty, A., & Nursyam, A. (2019). Mathematical Concept Understanding: The Impact Of Integrated Learning Model. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (2), 211-222. Https://Doi.Org/10.24042/Ajpm.V10i2.3880
Cahyaningsih, U., Rianto, A., & Wahyuningsih, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 64-74
Faisal, B., Lestari, L., & Atmojo, I. R. W. (2017). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD MENGGUNAKAN MEDIA REALITA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas III SD Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Didaktika Dwija Indria, 5(7).
Faisal. (2017). Keselamatan di Rumah dan Perjalanan-edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fitriyah, N., Harijanto, A., & Sudarti, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Spektrum Gelombang Elektromagnetik Pada Siswa Sma Kelas XII Di Kabupaten Bondowoso. FKIP e-PROCEEDING, 3(1), 162-166.
Fuadiah, Nyiayu Fahriza, Suryadi, D., & Turmudi. (2019). Teaching and learning activities in the classroom and their impact on student misunderstanding: A case study on negative integers. International Journal of Instruction, 12(1),407–424. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12127a
Hayati, R. dan Asmara, D.N. (2021). “ Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika”. Research & Learning in Elementary Education. 5, (5), 3027-3033. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.976
Maulana, P., & Akbar, A. (2017). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement division) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di sekolah dasar. Jurnal Pesona Dasar, 5(2).
Murnaka, N.P. dan Manalu, R.I. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa”. Union: Jurnal Pendidikan Matematika. 6, (3), 317-328.
Nurhasanah, L. 2019. Seri Matematika Untuk Anak Mengenal Pengukuran. Bandung: PT Graha Bandung Kencana.
Purwanto, D., Sutisnawati, A., & Khaleda Nurmeta, I. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPA DI SUKABUMI. Utile : Jurnal Kependidikan, VIII (2), 82-87 https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT
Rahmawati, M., Azwar Uswatun, D., & Hamdani Maula, L. (2020). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TEORI APOS MELALUI SOAL OPEN ENDED BERBASIS DARING DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 155 - 165. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.122
Rohmah, A. N. (2017). Belajar dan pembelajaran (pendidikan dasar). Cendekia, 9(02), 193-210.
Septian, A., Agustina, D. dan Maghfirah, D. (2020). “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika”. MATHEMA JOURNAL. 2, (2), 10-22.
Suarim, B. N. (2021). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (1), 75-83. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.214
Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1-8.
Sudarsana, I. K. G. (2021). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(1), 176-186.
Sumilat, J. M. dan Matutu, V. S. (2021). “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3, (3), 865-870. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.392
Sundayana, Ro. 2018. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Suparmini, M. (2021). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar”. Journal Of Education Action Research. 5, (1), 67-73.
Tosho, T.G. (2021). Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas II-Volume 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i2.302
Yulianah, L., Ni’mah, K., & Rahayu, D. V. (2020). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa berbantuan media schoology. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 39-45.