Implementasi Pendidikan Karakter Beriman Bertakwa Kepada Tuhan YME Melalui Pembiasaan SD Islam Al Madina

Penulis

  • Khoirotun Nashihah Universitas PGRI Semarang, Indonesia http://orcid.org/0009-0004-5214-437X
  • Duwi Nuvitalia Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Arfilia Wijayanti Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Azri Setyo Rini SD Islam Al Madina, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i3.3009

Kata Kunci:

Character Education, Implementation, Habituation.

Abstrak

This study aims to determine the implementation of character education of faith and piety to God Almighty through Islamic boarding school-based habituation at Al Madina Islamic Elementary School. The approach used is qualitative. Data collection techniques using observation, interviews, questionnaire, and documentation. Data analysis technique uses Miles and Huberman analysis. Test the validity of the data by triangulation and adequacy of references. The formation of the character of faith and piety to God Almighty is important and fundamental as an effort to avoid the moral crisis of students as the next generation of the nation as a result of the times. The results of the study show that the implementation of the character education of faith and piety to God Almighty through Islamic boarding school-based habituation at Al Madina Islamic Elementary School through morning call activities and group prayers, memorizing letters and hadiths, dhuha prayers, midday prayers in congregation, and mujahadah activities.

Biografi Penulis

Khoirotun Nashihah, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas PGRI Semarang

Duwi Nuvitalia, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD/PPG/Universitas PGRI Semarang

Arfilia Wijayanti, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD/PPG/Universitas PGRI Semarang

Azri Setyo Rini, SD Islam Al Madina

Guru SD Islam Al Madina

Referensi

Aprilianto, A., & Mariana, W. (2018). Permainan Edukasi (Game) Sebagai Strategi Pendidikan Karakter. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 139-158.

Asfika, S., Nuvitalia, D., & Putriyanti, L. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila melalui Habituasi di SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 1702-1709.

Azizah, I. P., Ridwan, N. N. P., Rohayati, U., & Marini, A. (2023). Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Berupa Beriman Bertaqwa Kepada Tuhan YME Melalui Kegiatan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(7), 839-852.

Bali, M. M. E. I., & Fadilah, N. (2019). Internalisasi Karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(1), 1-25.

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas IX pada materi bangun datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77-83.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Fahdini, A. M., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Kalangan Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9390-9394.

Falaq, Y. (2022, August). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Skema Pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah. In ICIE: International Conference on Islamic Education (Vol. 2, pp. 367-380).

Hayati, A. N., & Usriyah, L. (2020). Implementasi pendidikan karakter untuk siswa madrasah ibtidaiyah menurut Abdul Majid dan dian andayani. Akselerasi: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(1), 47-61.

Hidayah, N. R. (2017). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Sekolah Berbasis Pesantren Pada Siswa SD Islam Plus Al-Minhaaj Wates Kediri (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.

Jannah, A. N. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia di Sekolah Penggerak (Doctoral dissertation, Pendidikan Guru Sekolah Dasar).

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021, May). Pendidikan karakter sebagai upaya mewujudkan Pelajar Pancasila. In Prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas PGRI Palembang.

Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151.

Khotijah, S. (2021). Aktualisasi Nilai Akhlak Melalui Pembiasaan Menghafal Hadis Pendek Di MI Roudlotus Shibyan Beton Menganti Gresik. El-Miaz: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar, 1(1), 27-32.

Mulyani, M. (2021). Implementasi 9 Pilar Pendidikan Karakter Melalui Apel Pagi Dan Doa Bersama (Studi Kasus Pada Siswa Kelas V MI Nu Miftahul Khoiriyah Undaan Kudus) (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Novitasari, R. D., Wijayanti, A., & Artharina, F. P. (2019). Analisis Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 79-86.

Rosita, L. (2018). Peran pendidikan berbasis karakter dalam pencapaian tujuan pembelajaran di sekolah. JIPSI-Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi UNIKOM, 8.

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Syafri, U. A., Bawazier, F. A., Tamam, A. M., & Mujahidin, E. (2022). Inovasi program penguatan pendidikan karakter religius berbasis profil pelajar Pancasila di SMP Al-Kahfi. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 574-588.

Umayah, U., & Riwanto, M. A. (2020). Transformasi sekolah dasar abad 21 new digital literacy untuk membangun karakter siswa di era global. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 4(1).

Winarsih, B. (2022). Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Siswa Kelas III melalui Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 2388-2392.

Wurgandi, W. dkk. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, Th. XXXIII No. 2, 286-295.

Yani, M. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Mujahadah Dalam Pembentukan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Santri di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

Yudabangsa, A. (2020). Pengembangan Kesadaran Keberagamaan dan Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha’. Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 117-125.

Diterbitkan

2023-10-02

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check