Pengembangan Modul Tematik Kelas IV Berbasis Kearifan Lokal Papua Barat Daya
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i4.3046Kata Kunci:
Module, Thematic Learning, Southwest Papua Local Wisdom.Abstrak
Referensi
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Cintang, Nyai. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Scientific Untuk Siswa Kelas Iv Sd Tema Tempat Tinggalku Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 85–92. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i2.3892
Gunawan, Imam. (2017). The Implementation of Lesson Study Based Learning Management and the Effect toward Students ’ Activeness in Lecturing. (2), 51–63.
Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor. 81A tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Jurnal Fundadikdas Vol.4, No.2, pp 81-96.
Khoeriyah, N. (2018). Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil dan Kebermaknaan Belajar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 63–74. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11444
Krissandi, Apri Damai Sagita, & Rusmawan, Rusmawan. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 457–467. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409
Nadlir. (2014). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2.
Nurrahmi, Rafika. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah. 2–11.
Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press
Pujiastuti, A. U. (2021). Validitas Modul Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Tuban bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7, 82–99. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.15855
Purnomo, Heru, & Wilujeng, Insih. (2016). Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen Penilaian IPA Tema Indahnya Negeriku Penyempurnaan Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013. 4, 67–78.
Putri, F., A & Ananda, L., J. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Kearifan Lokal Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah PGSD, 4(4), 70–77.
Salsabila, Havindah, Restian, Arina, Wahyu, Ima, & Utami, Putri. (2021). Pengembangan Buku Ajar Kearifan Lokal Malang Raya Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: ALFABETA
Thiagarajan, S. (1974). Thiagarajan, Sivasailam; And Others Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana Univ., Bloomington. Center for Innovation in. Mc.
Zinnurain dan Ahmad Muzanni. (2017). Pengembangan buku ajar berbasis kearifan lokal pada siswa kelas v sekolah dasar. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 4(2), 63–69.