Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Keterampilan Membaca

Penulis

  • Hasnah Hasnah Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Hasnah Hasnah Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Lukman Lukman Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Lukman Lukman Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Syarmilah Syarmilah Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i4.3067

Kata Kunci:

Learning Achievement, Reading Skill Fiction and Nonfiction, Talking Stick.

Abstrak

The problem in this study is the low process and learning outcomes of class V students. This study aims to determine the improvement of student learning processes and outcomes. This study uses a qualitative approach and the type of research used is PTK. The subjects in this study were teachers and fifth grade students of UPT SD Negeri 118 Kotu for the 2022/2023 academic year, a total of 11 students consisting of 7 boys and 4 girls. Based on observations of teachers in cycle I and cycle II, the level of success obtained was the category good (B). Likewise with student activities during the learning process in cycle I and cycle II which have been going well so that good categories are obtained (B. cycle I with the average value of learning outcomes obtained by students in the category (C), in cycle II it has again increased with the category good (B) The conclusion in this study is that the application of the talking stick learning model can improve the process and student learning outcomes regarding reading skill fiction and nonfiction class V UPT SD Negeri 118 Kotu.

Biografi Penulis

Hasnah Hasnah, Universitas Negeri Makassar

Dosen PGSD/FIP/Universitas Negeri Makassar

Hasnah Hasnah, Universitas Negeri Makassar

Dosen PGSD/FIP/Universitas Negeri Makassar

Lukman Lukman, Universitas Negeri Makassar

Dosen PGSD/FIP/Universitas Negeri Makassar

Lukman Lukman, Universitas Negeri Makassar

Dosen PGSD/FIP/Universitas Negeri Makassar

Syarmilah Syarmilah, Universitas Negeri Makassar

Mahasiswa PGSD/FIP/Universitas Negeri Makassar

Referensi

Andriani, Rike. 2019. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Peserta didik ( Learning Motivation As Determinant Student Learning Outcomes ).†4(1): 80–86.

Anggito, Albi, And Setiawan Johon. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Ed. Cv Jejak. Jawa Barat.

Aqib, Zainal. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Ed. Rose Kr. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Aqib, Zainal, And M. Chotibuddin. 2018. Teori Dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (Ptk). Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Arifin, Moch. Bahak Udin By, And Deviya Nur Laili. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas 4 Pada Mata Pelajaran Matematika.†20(1): 105–23.

Asri, Yasnur. 2021. Model Pengkajian Fiksi. Ed. Syahrul. Bandung: Subhan Mandiri Jaya.

Chika Gianistika, Dede Ajeng Arini, Syifa Azizah. 2021. “Pemanfaatan Model Cooperative Learning Teknik Two Stay Two Stray Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.†Jurnal Tahsinia 2(2): 144–57.

Djamarah, Syaiful Bahri, And Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Habibati. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Syiah University Press.

Hasnah, Hasnah. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karangan Narasi Pada Peserta didik Kelas Iv Sdn 118 Pinrang.†Publikasi Pendidikan 5(3).

Hidayat, Ujang Syarip. 2016. Model-Model Pembelajaran Efektif. Sukabumi: Yayasan Budhi Mulia Sukabumi.

Juariyah, Ayi. 2022. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Menggunakan Ungkapan Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 1.†Formosa Journal Of Applied Sciences 1(5): 863–72.

Karimah Nursya’bani, Kinkin, And Anugrah Ramadhan Firdaus. 2021. “Pembelajaran Online Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Memahami Teks Non Fiksi Di Kelas 5 Dalam Masa Pandemi Covid 19.†Collase (Creative Of Learning Students Elementary Education) 4(5): 764–71.

Lidia, Wijayanti, Nanis Hairunisya, And Imam Sukwatus Sujai. 2018. “Ayuni.Pdf.†3(2): 81–87.

Magdalena, Ina, Eva Nur Syariah, Mia Mahromiyati, And Silvi Nurkamilah. 2021. “Pada Mata Pelajaran Sbdp Peserta didik Kelas Ii Sdn Duri Kosambi 06 Pagi.†Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3: 276–87.

Mersty E. Rindengan, Ninda, And Amiana M. Mogot. 2021. “Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Cerita Non Fiksi Di Kelas Iv Sd Negeri 3 Sinsingon.†Edu Primary Journal : Jurnal Pendidikan Dasar 2(1): 73–83.

Mirdad, J. 2020. “Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran).†Jurnal Sakinah 2(1): 14–23. Novida, Irma. 2018. “Penerapan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Materi Jasa Dan Peranan Tokoh Pejuang Dalam Memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia Pada Peserta didik Kelas V Sd Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat.†Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3(1): 1–14.

Nurmaulidyah, Mutia, Dalle Ambo, Fathimah Syarifah. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Peserta didik Kelas Xi Sma Negeri 2 Majene.†: 1–18.

Ovartadara, Maiyona, Darmansyah Nabar, And Yanti Fitria. 2022. “Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ips Peserta didik.†Didaktik : Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang 8(2): 1888–95.

Pratiwi, Nuning Indah. 2017. “(Data Primer Sekunder) Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi.†Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial 1(2): 212.

Pedoman Penulisan Skripsi. 2023. Badam Penerbit UNM

Rahman, Tufiqur. 2018. Aplikasi Model-Model Pembelajaran Dalam Penelitian Tidakan Kelas. Ed. Khamim Saifuddin. Jawa Tengah: Cv. Pilar Nusantara.

Rosidah, Ani, And Zulkarnain. 2022. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling.†4: 1707–15.

Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Saleh, Sirajuddin. 2017. Analisis Data Kualitatif. Ed. Hamzah Upu. Makassar: Pustaka Ramdhan.

Saragi, Sri. 2014. “Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta didik Kelas viii pada Mata Pelajaran ips Terpadu Di Smp Swasta Karya Indah Kecamatan Tapung.†Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 1(20): 3–4.

Sayekti, Siskha Putri Et Al. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Pai Peserta didik Kelas V Sdn 02 Mampang Kota Depok.†Jurnal Dirosah Islamiyah 2(2): 237–237.

Diterbitkan

2024-03-05

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check