Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Keterampilan Membaca
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i4.3067Kata Kunci:
Learning Achievement, Reading Skill Fiction and Nonfiction, Talking Stick.Abstrak
Referensi
Andriani, Rike. 2019. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Peserta didik ( Learning Motivation As Determinant Student Learning Outcomes ).†4(1): 80–86.
Anggito, Albi, And Setiawan Johon. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Ed. Cv Jejak. Jawa Barat.
Aqib, Zainal. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Ed. Rose Kr. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Aqib, Zainal, And M. Chotibuddin. 2018. Teori Dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (Ptk). Yogyakarta: Cv Budi Utama.
Arifin, Moch. Bahak Udin By, And Deviya Nur Laili. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas 4 Pada Mata Pelajaran Matematika.†20(1): 105–23.
Asri, Yasnur. 2021. Model Pengkajian Fiksi. Ed. Syahrul. Bandung: Subhan Mandiri Jaya.
Chika Gianistika, Dede Ajeng Arini, Syifa Azizah. 2021. “Pemanfaatan Model Cooperative Learning Teknik Two Stay Two Stray Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.†Jurnal Tahsinia 2(2): 144–57.
Djamarah, Syaiful Bahri, And Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Habibati. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Syiah University Press.
Hasnah, Hasnah. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karangan Narasi Pada Peserta didik Kelas Iv Sdn 118 Pinrang.†Publikasi Pendidikan 5(3).
Hidayat, Ujang Syarip. 2016. Model-Model Pembelajaran Efektif. Sukabumi: Yayasan Budhi Mulia Sukabumi.
Juariyah, Ayi. 2022. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Menggunakan Ungkapan Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 1.†Formosa Journal Of Applied Sciences 1(5): 863–72.
Karimah Nursya’bani, Kinkin, And Anugrah Ramadhan Firdaus. 2021. “Pembelajaran Online Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Memahami Teks Non Fiksi Di Kelas 5 Dalam Masa Pandemi Covid 19.†Collase (Creative Of Learning Students Elementary Education) 4(5): 764–71.
Lidia, Wijayanti, Nanis Hairunisya, And Imam Sukwatus Sujai. 2018. “Ayuni.Pdf.†3(2): 81–87.
Magdalena, Ina, Eva Nur Syariah, Mia Mahromiyati, And Silvi Nurkamilah. 2021. “Pada Mata Pelajaran Sbdp Peserta didik Kelas Ii Sdn Duri Kosambi 06 Pagi.†Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3: 276–87.
Mersty E. Rindengan, Ninda, And Amiana M. Mogot. 2021. “Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Cerita Non Fiksi Di Kelas Iv Sd Negeri 3 Sinsingon.†Edu Primary Journal : Jurnal Pendidikan Dasar 2(1): 73–83.
Mirdad, J. 2020. “Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran).†Jurnal Sakinah 2(1): 14–23. Novida, Irma. 2018. “Penerapan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Materi Jasa Dan Peranan Tokoh Pejuang Dalam Memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia Pada Peserta didik Kelas V Sd Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat.†Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3(1): 1–14.
Nurmaulidyah, Mutia, Dalle Ambo, Fathimah Syarifah. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Peserta didik Kelas Xi Sma Negeri 2 Majene.†: 1–18.
Ovartadara, Maiyona, Darmansyah Nabar, And Yanti Fitria. 2022. “Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ips Peserta didik.†Didaktik : Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang 8(2): 1888–95.
Pratiwi, Nuning Indah. 2017. “(Data Primer Sekunder) Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi.†Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial 1(2): 212.
Pedoman Penulisan Skripsi. 2023. Badam Penerbit UNM
Rahman, Tufiqur. 2018. Aplikasi Model-Model Pembelajaran Dalam Penelitian Tidakan Kelas. Ed. Khamim Saifuddin. Jawa Tengah: Cv. Pilar Nusantara.
Rosidah, Ani, And Zulkarnain. 2022. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling.†4: 1707–15.
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Cv Budi Utama.
Saleh, Sirajuddin. 2017. Analisis Data Kualitatif. Ed. Hamzah Upu. Makassar: Pustaka Ramdhan.
Saragi, Sri. 2014. “Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta didik Kelas viii pada Mata Pelajaran ips Terpadu Di Smp Swasta Karya Indah Kecamatan Tapung.†Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 1(20): 3–4.
Sayekti, Siskha Putri Et Al. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Pai Peserta didik Kelas V Sdn 02 Mampang Kota Depok.†Jurnal Dirosah Islamiyah 2(2): 237–237.