Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i3.3070Kata Kunci:
PjBL, Scientific Literacy, Water Filter Device.Abstrak
Referensi
Anazifa, R. D., & Hadi, R. F. (2016). Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) Dalam Pembelajaran Biologi. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education).
Dewi, B. M. M., Khoiri, N., & Kaltsum, U. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Penerapan Model Project Based Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1). https://doi.org/10.26877/jp2f.v8i1.1331
Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081
Indriyani, P. A., & Wrahatnolo, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di SMKN 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 08(3).
Kurniawati, F. N. A. (2022). MENINJAU PERMASALAHAN RENDAHNYA KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA DAN SOLUSI. Academy of Education Journal, 13(1). https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
Manginsi, R. S. J., Rafiuddin, R., & Abraham, A. (2019). PROFIL PENGUASAAN LITERASI SAINS DAN PERSEPSI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI …. Jurnal Pendidikan Kimia …, 4(3).
Pagarra, H., & Idrus, N. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran IPA Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Publikasi Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.26858/publikan.v8i1.4362
Rini, C. P., Dwi Hartantri, S., & Amaliyah, A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Kompetensi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(2). https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15320
Sakti, I., Nirwana, N., & Swistoro, E. (2021). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS MAHASISWA PENDIDIKAN IPA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1). https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.35-42
Santika, A. A., Jayadinata, A. K., & Sunaengsih, C. (2020). Perspektif Guru dalam Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Literasi Sains dan Kolaborasi Siswa SD di Kelas Tinggi. Jurnal Pena Ilmiah, 3(2).
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1). https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548
Sujana, I. W. C. (2019). FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1). https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12).
Wicaksana, E. J., & Sanjaya, M. E. (2022). Model PjBL pada Era Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Kreativitas Mahasiswa Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.41181
Widada, W. (2018). Peranan Guru Sekolah Dasar (Guru Sd) dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling. Wahana Sekolah Dasar, 26(1). https://doi.org/10.17977/um035v26i12018p029