Proyeksi Hasil Belajar Melalui Bernalar Kritis, Kreatif dan Mandiri Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i4.3152Kata Kunci:
Critical Reasoning, Creative, Independent.Abstrak
Referensi
Aep Muhyidin Syaefulloh, D. W. (2022). Implementasi Habituasi Profil Pelajar Pancasila Dan Eksistensinya Bagi Mahasiswa. Jurnal Kewarganegaraan , 6 (1), 2141-2149.
Amaliyah, N., Fatimah, W., & Abustang, P. B. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Ips. Satya Widya, 35(2), 126-139.
Anif Istianah, R. P. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pelajar Pancasila. Gatra Nusantara: Jurnal Politik, Hukum, Sosial Budaya dan Pendidikan , 19 (2), 202-207.
Arie Wahyuni, P. K. (2018). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Matematika , 17 (2), 1-8.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asih Utami, R. M. (2023). Internalisasi Filsafat Pancasila Melalui Profil Pelajar. Jurnal Paris Langkis Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan , 3 (2), 119-128.
Dini Irawati, A. M. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul - Jurnal Pendidikan , 6 (1), 1224-1238.
Fatihah, M. A. (2016). Hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar pai siswa kelas iii sdn Panularan Surakarta. Al-Takawi, 1(2), 197-208. DOI: 10.22515/attarbawi.v1i2.200
Hasudungan, A. N., & Abidin, N. F. (2020). Independent Learning: Forming The Pancasila Learner Through Historical Learning In Senior High School. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Vol. 3, No. 2, pp. 34-42).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Indonesia: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://eppid.kemdikbud.go.id/dokumen/permendikbud-22-2020-renstra.pdf.
Ni Wayan Rati, N. K. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia , 6 (1), 60-71.
Prodjo, Wahyu Adityo. 2020. “Apa Itu Pelajar Pancasila, Tujuan Sekolah Penggerak Dari Nadiem Makarim.” Www.Kompas.Com. 2020.
R. Supardi, W. F. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD Inpres Borong Jambu I Kecamatan Manggala Kota Makassar. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar , 4 (3), 513-522.
Rahayu, R. (2022). Pengembangan Desain Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Karakter Pelajar Pancasila Pada Aspek Bernalar Kritis Dan Kreatif Di Smpit Ihsanul Fikri Kota Magelang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(2), 88-109.
Sinaga, S. B. (2022). Measuring The Urgency Of Pancasila Student (Pelajar Pancasila) Profiles: Prospective Primary Education Teachers’ Perspectives. Prima Magistra:Jurnal Ilmiah Kependidikan , 3 (4), 388-394.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.