PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA 1 DI KELAS 27 MAHASISWA PGSD FIP UNM

Penulis

  • Muhammad Amran Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v2i1.318

Kata Kunci:

Pembelajaran aktif, Konsep Dasar IPA

Abstrak

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) mengdeskripsikan pembelajaran mata kuliah konsep dasar IPA 1 dengan pendekatan pembelajaran aktif. fokus masalah adalah apakah pendekatan pembelajaran aktif cocok untuk diterapkan pada mata kuliah konsep dasar IPA 1. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeksripsikan pelaksanaan pembelajaran pada mata kuliah konsep dasar IPA 1 dengan pendekatan pembelajaran aktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis peneltitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif murni. Dari hasil penlitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran aktif pada mata kuliah konsep dasar IPA 1 di kelas 27 di Prodi PGSD  FIP UNM berada pada kategori baik.

Biografi Penulis

Muhammad Amran, Universitas Negeri Makassar

Dosen di Fakultas Ilmu Pendidikan

Referensi

Abidin, Yunus. 2016. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Baharun, Hasan. 2015. Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik, Vol. 01 No. 01 Januari-Juni 2015. Hal 34-46.

Hamalik, Oemar.2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Ja karta: Bumi Aksara

Hasbullah. 2010. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Studio.

Nurdyansyah, Fitriyani, Toyiba.2018.Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.Hal. 1

Perundangan Tentang Kurikulum Sistem Pendidikan Nasional 2013. Yogyakarta: Pustaka Yustisia

Poerwati, Loeloek Endah dan Sofan Amri. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Shoimin, Aris. 2014. 68 model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group

Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan dan konseling. Yogyakarta: Andi Offset

Yusuf, Syamsu. dkk. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Diterbitkan

2019-04-01

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check