Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Genially pada Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia

Penulis

  • Siska Rahmawati Universitas Pakuan Bogor, Indonesia
  • Ratih Purnamasari Universitas Pakuan Bogor, Indonesia
  • Roy Efendi Universitas Pakuan Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i4.3196

Kata Kunci:

Development, Genially, Interactive Learning Media.

Abstrak

This research aims to develop genially-based learning media in the sub-theme of utilizing natural wealth in Indonesia to determine the feasibility of these products. This research uses the R&D (Research and Development) research method using the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) model. The results showed that the interactive learning media developed was very suitable for use as a learning media in class IV-B of SDN Mekarjaya 10 Depok city in learning based on the average validation score of media experts 85.33%, the average validation score of linguists was 81.33%, and the average validation score of material with criteria of 85.33%, the validation results were included in the category of “very feasible” to use. Based on the student response questionnaire of 85.45%, it is included in the “very good” category.

Biografi Penulis

Siska Rahmawati, Universitas Pakuan Bogor

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Ratih Purnamasari, Universitas Pakuan Bogor

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Roy Efendi, Universitas Pakuan Bogor

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi PBSI

Referensi

Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah. Development Of Interactive Learning Media IN. 1, 33–42.

Aisyah. (2021). Pengaruh Inovasi Cerdas pada Sistem Muskuloskeletal melalui Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3034–3043.

Anggraeni, D. P. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Pernafasan. 2009, 13–64.

Arif, D. S. F., Purnomo, D., & Sutrisno, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Etnomatematika Berbantu Macromedia Flash. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 89.

Damara, A. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Plant Flash Pada Materi Bagian-bagian Tumbuhan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. … Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5, 160–171.

Enstein, J., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Bilangan Pangkat dan Akar menggunakan Genially. 02(01), 101–109.

Fadillah, A. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 36.

Harahap, R. H., Muslim, U., & Medan, N. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dengan Permainan Ular Tangga Menggunakan Platform Genially Pada Pokok Bahasan Momentum Impuls Di SMAN 1 Badar T . P 2021 / 2022. 07, 18–27.

Hermita, N., Alim, J. A., Putra, Z. H., Gusti, P. M., & Wijaya, Tommy Tanu, Pereira, J. (2021). Designing interactive games for improving elementary school students’ number sense. 12(2), 413–426.

Jannah, M., & Julianto, J. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Digestive System Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 254798.

Khoirun, N., & Hermiati, T. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Media Genially Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Malang. Journal Metamorfosa, 10(1), 1–10.

Permatasari, S. V. G., Pujayanto, P., & Fauzi, A. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Genially Pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya Berbasis Model VAK Learning. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 11(2), 96.

Shella Nabila, I. A., & Febriandi, R. (2021). PengembanganMedia Pembelajaran Pop Up BookBerbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. PengembanganMedia Pembelajaran Pop Up BookBerbasis Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar, 5(3), 3928–3939.

Subhan, S., & Kurniadi, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(1), 74.

Yuniastuti, Miftakhuddin, M. K. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial Tinjauan Teoritis Dan Pedoman Praktis. In Scopindo Media Pustaka (Vol. 000, Issue April).

Diterbitkan

2024-03-05

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check