MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN PKN TENTANG MENGHARGAI DAN MENAATI KEPUTUSAN BERSAMA KELAS V SD NEGERI PANAIKANG 1 MAKASSAR

Penulis

  • Abdul Wahid PGSD STKIP Andi Matappa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v2i1.320

Kata Kunci:

Peningkatan Hasil Belajar siswa melalui metode diskusi pada mata pelajaran PKn

Abstrak

Upaya peningkatan Pembelajaran PKn pada konsep menghargai dan menaati keputusan bersama pada dua sub pokok bahasan yaitu tata tata tertib sekolah dan tata tertib kelas dengan menggunakan metode diskusi sebagai fokus penelitian bertolak dari kenyataan di lapanagan dan hasil wawancara dengan guru PKn sekaligus guru kelas V SD Negeri  Panaikang 1 Makassar. Masih sangat kurang hal ini dibuktikan  nilai awal yang didapat siswa sebelum penelitian adalah 20 % siswa memperoleh ketuntasan belajar. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti ini difokuskan pada mata PKn dalam dua sub pokok bahasan tata tertib sekolah dan tata tertib kelas dengan menggunakan metode diskusi bagi murid kelas V SD Negeri  Panaikang 1 Makassar. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil pembelajaran PKn pada konsep menghargai dan menaati keputusan bersama dalam konsep tata tertib sekolah dan tatat tertib kelas dengan menggunakan metod diskusi. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan. Rancangan penelitian ini di susun dengan satuan siklus secara berdaur ulang berulang  meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Bentuk pembelajaran yang di yakini dapat meningkatakan kenamampuan murid adalah suatu bentuk pembelajaran yang menggunakan metode diskusi yang strateginya terdiri atas  terdiri atas (1) tahap pembangkitan semangat belajar , (2),tahap pambagian kelompok  (3) tahap ekplorasi dengan bertukar pikiran antar sesama siswa dan guru, (4).tahap mengaitkan pembelajaran dengan realitas kenyataan lingkungan siswa (5) tahap kesimpulan (6) tahap penilaian. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode diskusi yang terdiri dari enam tahap yaitu (1) tahap pembangkitan semangat belajar , (2),tahap pambagian kelompok  (3) tahap ekplorasi dengan bertukar pikiran antar sesama siswa dan guru, (4).tahap mengaitkan pembelajaran dengan realitas kenyataan lingkungan siswa (5) tahap kesimpulan (6) tahap penilaian. Akan dapat meningkatkan kemampuan pada bidang studi PKn, konsep menghargai dan menaati keputusan bersama dalam dua sub pokok bahasan tata terti sekolah dan tata tertib kelas Siswa kelas V SD Negeri  Panaikang 1 Makassar

Biografi Penulis

Abdul Wahid, PGSD STKIP Andi Matappa

Dosen PGSD STKIP Andi Matappa

Referensi

Astuti, Widia . 2008. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : PT Permata Insan Madani.

Bundu, Patta. 2004. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap, Jakarta : Depdiknas.

Diharja, Djaja. A. 2000. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jakarta : Depdiknas.

Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta

Latri. 2003. Pembelajaran Bangun ruang secara Kontruktivisme Dengan Menggunakan Alat Peraga di Kelas IV SDN 10 Watampone, Tesis tidak diterbitkan. Malang : Universitas Negeri Makassar.

Lapono, Nabisi. Dkk. 2008. Belajar dan Pembelajaran SD. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Muslich, Masnur. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Moridewa. 2009. Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran, http://jehamat.blogspot.com/2009/12/25.html

Nurkencana. 1989, Evaluasi Pendidikan, Surabaya : Usaha Nasional

Pophan, James. S. dkk. Tehnik Mengajar Secara Sistematis, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Rumiati, 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana

Syah, Muhibin. 2006. Psikologi Belajar, Jakarta : PT. Raja Grahindo Persada.

Sjarkawi. 2006. Pembentukan Kepribadian Anak, Peran Moral, Berpijak Pada Karakteristik Siswa dan Budayanya, Jakarta ; PT. Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung : PT. Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Penerbit Cerlang

Winataputra, S.U. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Dekdiknas.

Wardani, I.G.A.K. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Zarkasi, Firdaus. 2009, Belajar Cepat dengan Diskusi. Surabaya: Indah Surabaya.

Diterbitkan

2019-04-01

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check