Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Inpres IV dengan Metode Jarimatika Penjumlahan Bersusun

Penulis

  • Tiffany Shahnaz Rusli Universitas Cenderawasih Papua, Jayapura, Indonesia
  • Chelsi Yuliana Universitas Cenderawasih Papua, Jayapura, Indonesia
  • Hidayah Hidayah Universitas Cenderawasih Papua, Jayapura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i4.3282

Kata Kunci:

Arranged Addition, Jarimatics Method, Learning Outcomes.

Abstrak

The aim of this research is to increase the knowledge of class III students at SD Negeri Inpres Perumnas regarding the material of compound addition using the material of compound addition using the Jarimatika method. Classroom Action Research (PTK), which was carried out in two cycles. The results of the study showed that using Jarimatika significantly increased students' understanding of compound addition material. The students average score increased from 65 to 78 during the first cycle and to 88 during the second cycle. The results of this research show that the Jarimatika method is effective in improving student learning outcomes and making mathematics learning more interesting and interactive. This method can be recommended for use in teaching mathematics at elementary school level. 

Referensi

Ardani, A., & Purwaningsih, D. (2018). PENGARUH GAYA BELAJAR MATA KULIAH ARITMATIKA (JARIMATIKA DAN SEMPOA) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. JES-MAT, 4(2).

Asriyanti, F.D., & Purwati, I.S. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79-87.

Authar, N., Rulyansah, A., Putri, R., Budiarti, N., Mardhotillah, R. R., & Azzahra, S. M. (2022). Pengaruh Metode Jarimatika terhadap Kemampuan Berhitung Siswa di SDN Jatiadi II Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo.

Fitria Dewi, V., Suryana, Y., & Hidayat, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Article Info. In EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 2, Issue 2). https://ejournal.upi.edu/index.php/edubasic

Habibi, & Suparman, &. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21 How to Cite (APA 6th Style): Habibi, H. 6(1), 57–64. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/

Hardianti, T., Atiaturrahmaniah, A., & Yazid, Muh. (2021). PENGARUH TEKNIK JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PERKALIAN 1-10. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 116–123. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.879

Himmah Khusnul, Makmur Jamal, & Nuraini Latifah. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 57-68.

Indiastuti, T. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Perkalian pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar MIN 1 Madiun. ISEJ: Indonesia Science Education Journal, 2(3), 137-143.

Karimah Nur, Widayati Mukti, Khosyiatun. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Penjumlahan Bersusun Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas II SDN Sukoharjo 01 Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 11(2), 613-621.

Nahdi, D. S. (2019). JURNAL CAKRAWALA PENDAS KETERAMPILAN MATEMATIKA DI ABAD 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 133.

Naufal, Nasrul dkk. (2023). Pembelajaran Operasi Perkalian Menggunakan Metode Jarimatika dan Lidimatika. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia). 3(1), 47-55.

Sitio, Tiarmina. (2017). Penerapan Metode Jarimatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 6(1), 16-156.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit: Alfabeta.

Tiumlafu, N., Babys, U., & Bien, Y. I. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.32938/jipm.7.1.2022.1-10

Yasin, M. (2020). PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN ABAD 21.

Diterbitkan

2024-03-05

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check