EFEKTIVITAS PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD INPRES 6/80 POMPANUA RIATTANG KABUPATEN BONE

Penulis

  • Syamsiah Syamsiah Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v2i1.329

Kata Kunci:

quantum learning, hasil belajar ips

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Inpres 6/80 Pompanua Riattang ?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan pendekatan Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Inpres 6/80 Pompanua Riattang.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan fokus penelitian adalah murid kelas kelas VI SD Inpres 6/80 Pompanua Riattang. Pengumpulan data dengan teknik Tes, observasi, dan wawancara, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis data dalam penelitian ini dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data.

Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pengamatan, wawancara dengan indikator-indikator pada tahap refleksi dari siklus penelitian. Data yang terkumpul disetting ke dalam penelitian kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode quantum learning meningkatkan hasil belajar murid dalam pembelajaran IPS bagi siswa kelas VI SD Inpres 6/80 Pompanua Riattang, hasil penelitian menujukkan bahwa nilai pembelajaran IPS mengalami peningkatan dari pelaksanaan siklus I ke siklus II.

Biografi Penulis

Syamsiah Syamsiah, Dinas Pendidikan Kabupaten Bone

Guru SD Inpres 6/80 Pompanua Riattang Lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Bone

Referensi

Abimanyu, Soli dan Sulaiman Samad. 2003. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

Arifin Martunus 2006, Strategi dan Model belajar mengajar: Makassar. Badan Penerbit UNM

Asri, Syamsul. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Quantum Learning Dengan Setting Kooperatif Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Makassar. Skripsi. Makassar: S1. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Depdikbud. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (online). (http : // www. Unimed.Ac.Id Pegawaidoc/02.pdf diakses 5 Agustus 2009)

De Porter, Bobby dan Mike Hernacki. 2000. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Haling, Abdul. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Johoriah. 2009. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Kelas IV SD Negeri Kaccia Makassar. Skripsi. Makassar : S1. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kamdi, Waras. Mengelola proses belajar mengajar di kelas. (www.gorumguru.org diakses tanggal 9 Oktober 2009)

Khasanah. 2002. Pengaruh Kemampuan Berpikir Abstrak Tehadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SLTPN 26 Makassar. Skripsi.Makassar : S1 Universitas Negeri Makassar.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Purwanto, Ngalim. 1987. Ilmu Pendidikan. Jakarta : Remadja Karya.

Sahaba. 2008. Kontribusi Pemanfaatan Pensintesis Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI SDN Borongkaluku Kecamatan Bontomarannu . Skripsi. Makassar : S1. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sahtiani Jahrir, Andi. 2005. Penerapan Model Quantum Learning Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Siswa Kelas IX SMP Negeri 11 Makassar. Skripsi. Makassar : S1. Universitas Negeri Makassar

Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Radja Grafindo Persada.

Saryono, Djoko. 2007. Pembelajaran Quantum Sebagai Model Pembelajaran yang Menyenangkan. www.wordpress.com, diakses tanggal 9 Oktober 2009.

Septiawan Santana Kurnia, Quantum Learning bagi Pendidikan Jurnalistik: (Studi pembelajaran jurnalistik yang berorientasi pada life skill); on line : Editorial Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan www.depdiknas.go.id. Diakses tanggal 9 Oktober 2009.

Sudjana, Nana. 1987. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Usaha Nasional.

Syah, M.. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdya Karya

Umar, Alimin dan Nurbaya Kaco. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Wahjoetomo. 1997. Perguruan Tinggi Pesantren, Pendidikan Alternatif Masa Depan. Jakarta : Gama Insani Pers.

Winkel W.S (1996 : 53). www. belajar dan pembelajaran. com, diakses tanggal 13 November 2009. pukul 14 wita

Diterbitkan

2019-04-01

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check