Pengaruh Metode Multisensori VAKT (Visual, Auditory, Kinesthetic, Tactile) terhadap Kemampuan Pengetahuan Abjad Siswa SD

Penulis

  • Mutiara Nabila Purnama Sani Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Syams Kusumaningrum Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Asrul Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3297

Kata Kunci:

VAKT Method, Alphabet Knowledge Ability, Elementary School Students.

Abstrak

This research aims to determine the effect of using the Multisensory VAKT (Visual, Auditory, Kinesthetic, Tactile) Method  on the Alphabet Knowledge Ability of Class II Students at SDN 42 Sorong City. This research uses a pre-experiment quantitative research method with a One Group Pretest Posttest research design. The data in this study were analyzed using inferential statistical analysis techniques (Paired Sample T-test). The pretest results showed that the majority of students' alphabet knowledge at the start of the research was still in the "Low Scores'' category and after being treated with post-test results from the total sample, the majority of students were in the "Good" category. So it can be concluded that there is a significant influence of the Multisensory VAKT (Visual, Auditory, Kinesthetic, Tactile) Method on the Alphabet Knowledge Ability of Class II Students at SDN 42 Sorong City.

Biografi Penulis

Mutiara Nabila Purnama Sani, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Mahasiswa PGSD/FABIO/Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Syams Kusumaningrum, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Dosen PGSD/FABIO/Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Asrul, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Dosen PGSD/FABIO/Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Referensi

Basam, F., & Sulfasyah, S. (2018). METODE PEMBELAJARAN MULTISENSORI VAKT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR SISWA KELAS II. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 18–24. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1235

Elly, S. N. (2013). Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Metode Fonetis Bagi Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(2), 161–175. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/1155

Faradila, A. (2018). Penerapan metode VAKT (Visual, Auditori, Kinestik dan Taktil) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan.

Hartati. (2016). KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ANAK KELOMPOK B DI TK BUNGUNTULASI.

Komalasari, M. D. (2016). METODE MULTISENSORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK DISLEKSIA DI SEKOLAH DASAR. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY Dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Ketika Murid Anda Seorang Disleksia., 97–110.

Manasikana, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Multisensori Teknik Visual Auditif Kinestetik Tactile (Vakt) Siswa Kelas I Sdn 2 Tanjung Anom. 134–143.

Maspika, S., & Kurniawan, W. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Vakt (Visual, Auditory, Kinesthetic, Tactile) Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. American Journal of Psychology, 2(1), 61–78. https://doi.org/10.24042/ajp.v2i1.4153

Maulana, S., Sumekar, G., & Iswari, M. (2013). EFEKTIFITAS METODE VAKT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN BAGI ANAK KESULITAN BELAJAR. 2(September), 222–233.

Novarina, G. E., Santoso, A., & Furaidah, F. (2019). Model Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1448. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12989

Primasari, I. F. N. D., & Supena, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Dengan Metode Multisensori Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1804. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1055

Putra, T. Y., Al-Jumroh, S. F., Mursalim, Sari, Y., & Lathifah, D. N. (2018). Modul Literasi Baca Tulis di Kelas Awal. UNIMUDA & UNICEF.

Ridho, R. A. (2018). PENGGUNAAN METODE ABJAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA SISWA AUTIS KELAS DASAR II DI SLB NEGERI 1 MAKAKASSAR.

Sugiharto, H. (2016). Metode VAKT terhadap kemampuan membaca anak kesulitan belajar. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–8.

Trisniwati. (2014). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI METODE PERMAINAN KARTU HURUF PADA KELOMPOK B1 TK ABA KETANGGUNGAN WIROBRAJAN YOGYAKARTA. Universitas Negeri Yogyakarta, 117.

Wati, S. I., Mulyadi, & Alannasir, W. (2023). Pengaruh Metode Multisensori Terhadap Kesulitan Membaca Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Makassar. 1.

Yuliani, M. (2022). PENINGKATAN MENGENAL HURUF ABJAD MELALUI PUZZEL BALOK PADA SISWA AUTIS KELAS DASAR III DI SLB NEGERI 1 MAKASSAR. https://doi.org/10.16194/j.cnki.31-1059/g4.2011.07.016

Diterbitkan

2024-04-01

Terbitan

Bagian

Articles