IMPLEMENTASI TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 PANGKEP

Penulis

  • Ahmad Yusuf STKIP Andi Matappa, Indonesia
  • Haslinda Haslinda

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v2i1.330

Kata Kunci:

Self Talk, Aktivitas Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan  untuk (1)  mengetahui gambaran pelaksanaan teknik self Talk untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar pada Siswa SMP Negeri 1 Pangkep. (2) Untuk mengetahui gambaran aktivitas belajar siswa di SMP Negeri 1 Pangkep sebelum dan setelah diberi teknik Self Talk. Untuk mengetahui (3) Apakah penerapan teknik Self Talk dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di SMP Negeri 1 Pangkep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pangkep sebanyak 12 siswa pada Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian sebanyak 12 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan teknik self Talk  terdiri atas 4 tahap yaitu tahap memberikan informasi, memberikan lembar jurnal self thought kepada siswa, pernyataan self talk positif dan evaluasi  (2) Tingkat aktivitas belajar pada siswa sebelum diberikan teknik self talk berada pada kategori rendah dan setelah diberikan teknik self talk berada pada kategori sangat tinggi (3) Penerapan teknik self talk dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa di SMP Negeri 1 Pangkep.

Biografi Penulis

Ahmad Yusuf, STKIP Andi Matappa

Dosen BK STKIP Andi Matappa

Referensi

Alwi,H. 2001. KBBI Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.Jakarta.BR

Corey,G. 2005. Teori Dan Praktek Dari Konseling Dan Psikoterapi.Jakarta. Eresco

Ellis,A. 1962. Reason And Emotion In Psychoterapi. New York.Citedel

Hamalik, O. 2014. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

. 2015. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hanafiah, N. & Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Sardiman. 2010. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta. Rajawali Press.

Sugara, G. S. 2013. Terapi Self-Hypnosis Seni Memprogram Ulang Pikiran Bawah Sadar. Jakarta: PT. Indeks.

Surya, M. 2003. Psikologi Konseling. Bandung Pustaka Bani Quaraisy.

Usman. 2006. Metode Penelitian Sosial.Jakarta. Bani Aksara

Wawan, A. & Dewi, M.2018. Teori Dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Manusia.Yogyakarta. Nuha Medika

Widiyastuti, P.A. 2014. Efektivitas Metode Self Talk Positif Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Pada Siswa Kelas VIII. Skripsi. Program Studi Bimbingan & Konseling Universitas Negeri Yogyakarta.

Young, 1959. Sociology And Social Life. New York.American Company Book

Diterbitkan

2019-04-01

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check