Implementasi Model PBL Berbasis MOOC dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik dan Logis Pada Pelajaran Matematika

Penulis

  • Lailiya Dinda Maulidina Universitas Muhammadiayah Gresik, Indonesia
  • Khoirul Anwar Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3372

Kata Kunci:

model pbl, mooc, kecerdasan linguistik, kecerdasan logis

Abstrak

His study investigates the enhancement of students' linguistic and logical intelligence in mathematics using a Project-Based Learning (PBL) approach facilitated by the Massive Open Online Course (MOOC) platform. Employing a mixed-methods approach, the research conducted pre-test and post-test assessments alongside qualitative methods such as interviews and class observations. Twenty fourth-grade students from SD Negeri 51 Gresik were purposively sampled. Analysis indicated non-significant results in pre-test and post-test data distribution (p > 0.05), but paired samples t-tests demonstrated a significant increase in learning effectiveness (p = 0.00). Interviews highlighted enhanced collaboration, enjoyment, and comprehension of material using the MOOC-based PBL model. The study concludes that this approach effectively fosters linguistic and logical intelligence in mathematics. The research contributes theoretically and practically to the development of culturally appropriate project-based learning models.

Biografi Penulis

Lailiya Dinda Maulidina, Universitas Muhammadiayah Gresik

Mahasiswa PPG Prajabatan PGSD Gelombang 1 Tahun 2023 Universitas Muhammadiyah Gresik

Khoirul Anwar, Universitas Muhammadiyah Gresik

Dosen PPG Pra Jabatan/PGSD/Universitas Muhammadiyah Gresik

Referensi

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Educause Learning Initiative, 2015. 7 Things You Should Know About MOOCs II. Diperoleh dari https://net.educause.edu/ir/library/pdf/ELI7097.pdf pada tanggal 27 Februari 2014.

Educause, 2015. Massive Open Online Course (MOOC). Diperoleh dari http://www.educause.edu/library/massive-open-online-course-mooc pada tanggal 27 Februari 2014.

Johnson, B. Elaine. 2007. Contextual Teaching and Learning, Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Terjemahan Ibnu Setiawan. Bandung. Mizan Learning Centre (MLC)

Mahabbati, A. 2007. Pendekatan Problem Based Learning untuk Pembelajaran Vol. 2 No.1 Oktober 2017 Optimal. Makalah suplemen pada Seminar Pengembangan Ilmu Pendidikan di Aula Registrasi UNY, 3 Maret 2007.

Maulida, Himatul. 2023. “Pancasila Sebagai Fondasi Pendidikan Indonesia dan Relevansinya dengan Kurikulum Merdeka” dalam jurnal NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (NCU). Vol. 01 No. 01.

Nafiah, Yunin Nurun dan Wardan Suyanto. 2014. “PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA” dalam Jurnal Pendidikan Vokasi Vol. 4 No. 1.

Paul, Suparno. 2004. Teory Intelligensi Ganda Dan Aplikasinya Di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Septyaningsih, D. (2018). “Pengaruh Kecerdasan Linguistik-Verbal dan Logis Matematis terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita” dalam jurnal Prosiding SENDIKA, No 4, Vol 1.

Sugiarti, Ayu. 2019. Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. (Skripsi, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya).

Sulistyorini, Muhammad Fathurrahman. 2012. Meretas Pendidikan Berkualitas dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Diterbitkan

2024-04-01

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check