Peningkatan Hasil Belajar Murid Melalui Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i1.344Kata Kunci:
Peningkatan Hasil Belajar, Tanya Jawab, IPS.Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran peningkatan Hasil Belajar Murid Melalui Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di Kelas VI SD Negeri 113 Lebbae Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan fokus penelitian adalah murid Kelas VI SD Negeri 113 Lebbae Kabupaten Bone 10 orang. Pengumpulan data dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan Pengumpulan data dengan teknik observasi untuk menjaring data aktifitas analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif berupa persentase dan tabel frekuensi. Hasil yang diperoleh murid Kelas VI SD Negeri 113 Lebbae Kabupaten Bone secara umum mengalami peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui tanya jawab dengan memperhatikan aspek-aspek yaitu: (a) meningkatnya hasil pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), (b) mampu melakukan tanya jawab kepada guru atau murid yang lain. Sedangkan upaya yang ditempuh guru bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam meningkatkan kemampuan hasil belajar murid kelas VI, yaitu (a) melatih murid untuk berani bertanya, (b) melatih murid untuk menjawab.
Referensi
Amiruddin, 2005. Perbandingan Prestasi Belajar Geografi Antara Murid Yang diajar Dengan Metode Ceramah dan Murid Yang Di Ajar Dengan Metode Diskusi. FMIPA UNM: Makassar
Arif Tiro, Muhammad. 2003. Dasar-dasar Statistik. Makassar: State University Makassar Press
Depdiknas, 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Bahan Ajar Pembekalan Guru Bantu
Djamarah, Bahri dan Aswan Zain, 2002. Staretgi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta
Halling, Abd, 2004, Belajar Pembelajaran. FIP UNM: Makassar
Hamalik, 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung Bumi Aksara:
Gintings. Gunawan. 2005. Ilmu Komunikasi. Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Moedjiono. 1993. Strategi Belajar Mengajar. Depdikbud. Ditjen Pendidikan Tinggi. Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Muslimin,. 2008. Panduan Penulisan Skripsi. Makassar: Badan Penerbit UNM
Rahmat, Basuki. 2005. Perbedaan Hasil Belajar Murid Dengan Menggunakan Metode Ceramha dan Metode Bervariasi. Makassar: FT UNM .
Sadiman. 1996. Media Pendidikan. Jakarta: Pustekkom dikbud dan Raja Grafindo.
Sardiman, 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.
Slamet. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (edisi II). Jakarta: Rineka Cipta
Slameto, 2005. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sherly, Yuliana. 2003. Efektivitas Penerapan Metode Ceramah dan Tanya Jawab Dengan Metode Ceramah dan Penugasan dalam Proses Belajar Mengajar. Makassar: FT UNM.
Sudjana. 1992. Metode Statistika. Makassar: Tarsito
Sudirman. 1989. Cara Belajar Murid Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Jakarta: Remaja Rosdakarya,
Poerwadarminta, W.JS. 1991. Kamus Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta.
Umar, Alimin. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: Badan Penerbit UNM