Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Siswa Kelas VI

Penulis

  • Sudarmi Sudarmi Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i1.345

Kata Kunci:

Hasil belajar IPA, Jigsaw.

Abstrak

Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA biologi melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap siswa Kelas VI SD  Inpres 6/75 Pompanua Kabupaten Bone, pada konsep sistem peredaran darah pada manusia. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD  Inpres 6/75 Pompanua Kabupaten  Bone tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Sebelum siklus I dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan observasi awal. Setiap siklus terdiri dari: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Pelaksanaan siklus II merupakan perbaikan dari pelaksanaan siklus I. Data tentang hasil belajar dianalisis secara kuantitatif, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata penguasaaan materi atau hasil belajar siswa pada siklus I adalah 5,53 dan pada siklus II sebesar 7,55. Hasil observasi aktivitas siswa terjadi pula peningkatan. Hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Referensi

Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya. 1997. Strategi Belajar mengajar. Pustaka Setia. Jakarta.

Ali, M. 1983. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru. Bandung.

Anis Rahim. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di MAN Lappariaja Kabupaten Bulukumba. Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Anonim. 2005. Model-Model Pengajaran Dalam Pengajaran Ilmu Pengetahuan Alam. DEPDIKNAS. Jakarta.

----------. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung.

Arikunto, S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Budiastuti, W. 2006. Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Depdiknas. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Djamarah, BS. & A. Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Hudoyo, Herman, 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. IKIP Malang. Malang.

Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. UNESA University Press. Surabaya.

Isjoni, 2007. Cooperative Learning. Alfabeta. Bandung.

Isjoni, 2007. Pembelajaran Visioner. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Lie, A. 2000. Cooperative Learning. Grasindo. Jakarta.

Sagala, S. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung.

Sahabuddin. 1994. Mengajar dan Belajar. FIP IKIP. Ujung Pandang.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Sardiman. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press. Yogyakarta.

Soedjadi, R, 1999. Kiat Pendidikan Matemtika di Indonesia, Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Soleh, Mohammad, 1998. Pokok-Pokok Pengajaran Matematika Sekolah. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Sudjana, 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru. Bandung.

Sudjana. 1996. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Diterbitkan

2021-01-14

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check