Korelasi Alat Peraga KIT IPA dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Penulis

  • Muhammad Amran Universitas Negeri Makassar
  • Abd. Hafid Universitas Negeri Makassar
  • Siti Nur Hasma Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3462

Kata Kunci:

Alat Peraga KIT IP, Motivasi Belajar, Siswa

Abstrak

This research is a quantitative research with a correlational type of research which aims to determine the relationship between KIT Science teaching aids. Variable X in this research is KIT Science teaching aids and variable Y is student learning motivation. Based on the results of descriptive statistics, it was found that the KIT Science teaching aids had an average of 93.50 in the very good category and student learning motivation had an average of 95.58 in the very good category. Based on the results of inferential statistics, it shows rcount ≥ rtable (0.669 > 0.432) at the 5% significance level. Thus, H1 is accepted and H0 is rejected, so that the results of the research can be concluded that there is a significant relationship between KIT Science teaching aids and study motivation in fifth grade elementary school students.

Biografi Penulis

Muhammad Amran, Universitas Negeri Makassar

Academic Profile :

Google Scholar

Sinta Id

Scopus Id

Abd. Hafid, Universitas Negeri Makassar

PGSD/FIP/Universitas Negeri Makassar

Siti Nur Hasma, Universitas Negeri Makassar

PGSD/FIP/Universitas Negeri Makassar

Referensi

Amran, M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media KIT IPA di SD Negeri Mapala Makassar. In Jurnal Office (Vol. 3, Issue 1).

Azis, D. A. (2023). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Implementasi Penggunaan Media Learning Videos Terhadap Motivasi Dan Hasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. 317–321.

Badrudin, D., Wibowo, S. (2014). Skripsi. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Pemanfaatan Media Pembelajaran Kit Ipa dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa (Vol. 3, Issue 2).

Budianti, & Azis. (2023). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Alat. 322–326.

Hafid, A., Amran, M., Azizah, A. N., Muhlis, P., Fakultas, P., Kunci, K., & Pembelajaran, M. (2023). Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Minat Belajar IPA Peserta Didik Kelas Tinggi. Tahun, 2(4), 317.https://ojs.unm.ac.id/jppsd/index

Hutauruk, P., & Simbolon Surel, R. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. In SEJ (School Education Journal (Vol. 8, Issue 2).

Justikaningrum, K., Khusus, J. P., Pendidikan, F. I., Makassar, U. N., & Berseri, M. G. (2023). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Peningkatan Kemampuan Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Melalui Penggunaan Media Gambar Berseri Pada Siswa Tunarungu Kelas V SLB. 7(2), 226–233.

Muin, A., Firdaus, F., & Hajar, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(4), 342.https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i4.37337

Rasyid, A. (2008). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Alat Peraga KIT IPA Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Negei 1 Biwinapada Kec. Siompu Kab. Buton. Universitas Negeri Makassar.

Rukmana, & Anin. (2011). Meningkatkan Keterampilan Aktivitas Ritmik Teerstruktur Bebas Melalui Pendekatan Formal- Informal Dengan Media Musik.

Salam, M. Y., Mudinilllah, A., & Agustina, A. (2022). Aplikasi Quizizz Berpengaruh Atau Tidak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(2), 2738–2746. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2467

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Armas Duta Jaya.

Diterbitkan

2024-04-01

Terbitan

Bagian

Articles