Pengembangan Media Puzzle Kartu Gambar dengan Teknik Make A Match Pada Mata Pelajaran Tematik
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i4.3481Kata Kunci:
Learning Media, Puzzle, Make A Mach Technique, ThematicAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi pada masalah yang ditemukan di SDN 18 Tumampua I, yaitu guru masih menggunakan metode ceramah dan kurangnya penggunaan media pembelajaran. Dari permasalahan yang ada dikembangkan media puzzle kartu gambar menggunakan teknik make a match dengan tujuan untuk (1) menghasilkan media puzzle kartu gambar pada pembelajaran tematik kelas II (2) mengetahui valid, praktis dan efektif media puzzle untuk digunakan pada pembelajaran tematik kelas II. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model ADDIE. Validasi dilakukan oleh 2 validator ahli materi, dan ahli media, dan diujicobakan kepada siswa kelas II. Hasil validasi pada media pembelajaran puzzle oleh ahli materi memperoleh 92% kriteria sangat valid, ahli media 87% kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian respon siswa dari 27 jumlah siswa mendapatkan 92% kriteria sangat praktis, dan penilaian dari respon guru mendapatkan 100% kriteria sangat praktis. Hasil penilaian untuk keefektifan media didapat menggunakan pre-test dan post-test terhadap siswa dengan menggunakan uji n-gain dan diperoleh nilai sebesar 0,75 dengan kriteria sangat tinggi dilihat dari hasil peningkatan nilai siswa.
Referensi
Anitah, dkk. 2015. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Berlian, Z., Aini, K., & Nurhikmah, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 10 Palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 3(1), 13-17.
Bintiningtiyas, N. (2016). Pengembagan Permainan Varmintz Chemistry Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem Periodik Unsur (Development of Varmintz Chemistry as Learning Media on Periodic System of Element). Usea Journal of Chemical Education, 5(2)
Eny, H., Utami, R. E., & Rubowo, M. R. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE CARD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 30–34.
Fajri, K. N. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. Islamika, 1(2), 35–48. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.193.
Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334
Gumanti, dkk. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Jakarta: Mitra Wacana Merdeka
Indrianti, L. (2020). Pengembangan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 7 Sub Tema 1 Siswa Kelas 1 Sdn 38 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Kusuma, I. A. (2018). Pengembangan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Di Sdn 2 Sukomulyo Pujon Malang. Skripsi, Jurusan Pe (Fakultas Ilmu Tarbiyah keguruan), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Mal.
Rahmat, A. (2013). Pengantar Pendidikan Teori, Konsep, dan aplikasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 9, 1689–1699.
Rifa, Iva. 2012. Koleksi Games Edukatif di dalam dan Luar Sekolah. Yogyakarta: Flash Book.
Sari, Y. D. M. (2016). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Make A Match Materi Pengambilan Keputusan Bersama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Kelas Va Sdn Bojong Salaman 01 Semarang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, dkk (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbasis Penilaian Portofolio terhadap Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(3), 240-248.