Pengaruh Hasil Belajar Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Word Wall Kelas II SDN Karanganyar Gunung 02
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3482Kata Kunci:
Hasil belajar, media pembelajaran, aplikasi WordwallAbstrak
This research aims to determine the effect of student learning outcomes using the Word Wall application learning media on class II B students at SDN Karanganyar Gunung 02. This type of research uses experimental research in the form of Pre-Experimental Design and One Group Pretest-Posttest design. The population in this study were class II B students at SDN Karanganyar Gunung 02. The sampling technique was carried out by 28 class II B students at SDN Karanganyar Gunung 02. Data collection was obtained from tests carried out by the students. The research results showed that the average pretest result was 50.71 and the posttest result was 91.71, meaning that student learning outcomes had increased. The Paired Sample Test results obtained were 0.000<0.05, meaning that Ho was rejected and Ha was accepted and the gain-test results were obtained at 82.9, meaning that it was included in the criteria of being quite effective, which means that there is an influence on student learning outcomes on the use of the Word Wall application.
Referensi
Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh penerapan metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar matematika siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Awaliah, R., & Idris, R. (2015). Pengaruh penggunaan model reciprocal teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii mtsn balang-balang kecamatan bontomarannu kabupaten gowa. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 59-72.
Dewi, A. R. K., Fitrianna, A. Y., & Afrilianto, M. (2023). Analisis Pendekatan Saintifik Melalui
Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas Vii Pada Materi Himpunan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(2), 465-472.
Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh aplikasi wordwall terhadap Motivasi belajar IPA siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689-3696.
Indhaka, W. A., Supraptono, E., & Sugiarti, N. (2016). Penerapan buku sekolah elektronik berbasis android dalam materi ajar besaran dan satuan. Didaktikum, 17(2).
Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831–7839.
Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3).
Sapriyah, S. (2019, May). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 470-477).
Savira, A., & Gunawan, R. (2022). Pengaruh Media Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5453-5460.
Simamora, L. (2015). Pengaruh persepsi tentang kompetensi pedagogik guru dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1).
Sudewiputri, M. P., & Dharma, I. M. A. (2021). Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 428.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. BandungAlfabeta
Tobamba,E. K., Siswono, E., & Khaerudin. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. 03(02).
Yusnita, I., Maskur, R., & Suherman, S. (2016). Modifikasi model pembelajaran Gerlach dan Ely melalui integrasi nilai-nilai keislaman sebagai upaya meningkatkan kemampuan representasi matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 29-38.