Penerapan Media Quizizz pada Pembelajaran Teks Hikayat Kelas X

Penulis

  • Hermawan Ardi Febrianto Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Asrofah Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3518

Kata Kunci:

Pembelajaran, Teks Hikayat, Media Quizizz, Bahasa Indonesia, Penerapan Media

Abstrak

The aim of this research is to determine the application of quizizz media in learning saga texts for class 10 students at SMAN 11 Semarang. This article presents an innovative approach that combines technology with traditional curriculum materials. In this context, this article discusses how quizizz integration can increase student engagement, strengthen conceptual understanding, and advance their critical skills. With a focus on interactivity, instant feedback, and measurability of individual progress, this approach not only provides an engaging learning experience, but also allows teachers to optimize the learning process according to each student's needs and abilities. The main problem is students' low interest and understanding of the saga text material. The research method involves implementing quizizz as an interactive tool in learning, with a focus on online quizzes that support understanding of saga texts. The findings show an increase in students' interest and understanding of saga texts through the use of quizizz.

Biografi Penulis

Hermawan Ardi Febrianto, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Bahasa Indonesia/Universitas PGRI Semarang.

Asrofah, Universitas PGRI Semarang

Dosen Pendidikan Profesi Guru Bahasa Indonesia/Universitas PGRI Semarang.

Referensi

Aini, Yulia. Isratul.2020. Pemanfaatan Media Pembelajaran quizizz untuk pembelajaranjenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu. Kependidikan, 2(25).Arsyad, A

Berliannisa, F. (2023). Penggunaan Media Ajar Video dalam Pembelajaran Teks Hikayat Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 8(1), 50–55.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diunduh dari https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf. Pada 3 Maret 2024

Hanifah, N. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Hardani, Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group.

M.Ahmar dkk. 2023. “Penerapan Model Problem Based Learning Bebantuan Media Pakapati untuk Meningkatkan Hasil Belajar”. Jurnal Dikdatika Pendidikan Dasar. Vol. 7, No. 3, November 2023

Mahdalena dkk. 2024. “Pelatihan Pembuatan Sistem Informasi Penerimaan Siswa/i Baru Berbasis Web”. Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN). Vol. 5 No. 1, 2024

Mahmud, Marzuki.2012.Manajemen Mutu Perguruan Tinggi.Jakarta:Raja GrafindoPersada

Martani, Kristiana. 2020. “Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Aplikasi Anyflip untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Siswa Kelas 4 SD N Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung”. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik Universitas PGRI Semarang. Vol. 6 No. 1

Maulana,Irvan.2019.”Analisis Metode Card Sort Dalam Pembelajaran Mufradat Berbasis Pendekatan Kognitif”.Jurnal Lughawiyah , Vol 2 No 1.

Muliya, Muliya. 2022. “Penerapan Media Quizizz dalam Meningkatkan Hasil Belajarsiswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Busana 2”. Enggang. Volume 3, Nomor 1,Desember2022

Nuraridha dkk. 2024. “Strategi Pembelajaran Bimbel Terhadap Siswa Yang Belum Fasih Membaca Di MIS Nurul Hikmah Desa Basarang Kalimantan Tengah”. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN). Vol. 5 No. 1, 2024

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz Terhadap MOT. JurnalMahasiswa UNESA, 7(3), 1–8

Rosita, F. Y., & Achsani, F. (2019). Kemampuan Menceritakan Video Hikayat Abu Nawas Siswa Kelas X Ipa 1 Man 1 Surakarta Melalui Keterampilan Menulis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 103–108

Suci, E. R. M., Japar, M., & Mardiana, T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kusa Apati Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 27(1), 8-15. http://doi.org/10.24114/jpbp.v27i1.18211

Diterbitkan

2024-04-01

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check