Pengaruh Media Pembelajaran Uno Stacko Mathematic (USMAT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3618Abstrak
Abstract. This research aims to determine the effect of the Uno Stacko Mathematic (USMAT) learning media on the mathematics learning outcomes of class III students at UPT SD Negeri 3 Macorawalie, Sidrap Regency. The approach used is a quantitative approach with experimental research type and Pre Experimental design in the form of One Group Pretest-Posttest Design. The type of sampling technique used is purposive sampling technique. Data analysis uses descriptive statistical analysis techniques and inferential statistical analysis techniques. The results of descriptive statistical analysis showed that the student's initial test score (pretest) was 47.14 and increased after being given treatment (posttest) to 82.38. The results of inferential statistical analysis by testing the hypothesis using the paired sample T-test show a significance of 0.001<0.05, this shows that H0 is rejected and H1 is accepted. Based on these results, it can be concluded that the Uno Stacko Mathematic (USMAT) learning media influences the mathematics learning outcomes of class III students at UPT SD Negeri 3 Macorawalie, Sidrap Regency.
Keywords: Uno Stacko Mathematic (USMAT), learning outcomes.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Uno Stacko Mathematic (USMAT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III UPT SD Negeri 3 Macorawalie Kabupaten Sidrap. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain Pre Experimental dalam bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Jenis teknik sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai tes awal (pretest) siswa yaitu 47,14 dan mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan (posttest) menjadi 82,38. Hasil analisis statistik inferensial dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji paired sample T-test menunjukkan signifikansi 0.001<0,05 hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Uno Stacko Mathematic (USMAT) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III UPT SD Negeri 3 Macorawalie Kabupaten Sidrap.
Kata Kunci: Uno Stacko Mathematic(USMAT), hasil belajar.
Referensi
Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. In Fatawa Publishing.
Faqih, M. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Dalam Pembelajaran Puisi. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 27–34.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Jannah, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Media Usmat (Uno Stacko Matematika) Pada Siswa Kelas V Sd 15 Samata Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Digilibadmin.Unismuh.Ac.Id.
Kusnadi, D., & Kusumawati, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 006 Tarakan. Edukasia: Jurnal Pendidikan, 7(1), 74–84.
Larasati, M. S., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ush (Uno Stacko Hitung). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 150–161.
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 312–325.
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis hubungan resiliensi matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819–826.
Miswandi. (2018). Peningkatan Hasil Belajar PKN SD melalui Stategi Crossword Puzzle. Jurnal Pendidikan, 2(3), 300–306.
Mu’arif, A. N., Andriyansah, R., Nataliasari, D., Rahmin, S., Kurniawati, S., & Darmadi, D. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Saat Pandemi COVID-19 Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(2), 67–71.
Pasinggi, Y. S., & Tuken, R. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Penjumlahan Pecahan Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 28 Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(1), 72–76.
Pasinggi, Y. saba, Hakim, A., & Vitria, T. (2022). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 51 Parepare. JUARA SD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 86–92.
Riskillah, A. W. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Uno Stacko Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Cara Membuat Komunikasi Tulis Kelas X APK di SMK Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP), 5(2).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Cet.1). Bandung: Alfabeta.
Zainal, Z., Syam, N., & Made, K. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Tabel Milenium Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa UPT SDN 1 Tonronge Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(3), 302–313.