Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V SD Negeri 02 Indralaya Selatan

Penulis

  • Nadia Putri Lestari Universitas PGRI Palembang, Indonesia, Indonesia
  • M. Taheri Akhbar Universitas PGRI Palembang, Indonesia, Indonesia
  • Susanti Faipri Selegi Universitas PGRI Palembang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3625

Kata Kunci:

Literasi Sains, Kontekstual, Peduli Lingkungan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains siswa kelas V SD Negeri 02 Indralaya Selatan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa kelas V SD Negeri 02 Indralaya Selatan dalam kategori baik. Berdasarkan dari hasil observasi, wawancara, dan angket siswa dan hasilnya 21 siswa dalam kategori baik, 4 siswa kategori sangat baik, dan 3 siswa kategori cukup. Dengan nilai rata-rata 72,8% dengan demikian guru perlu meningkatkan literasi sains siswa melalui pembelajaran yang mengarah pada kehidupan nyata (kontekstual) dan menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan.

Referensi

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Mardiyana, l. I., Pritasari, A. C., & Hakim, M. L. (2020). Analisis Muatan IPA Kelas 5 Berdasarkan Aspek Literasi Sains Dan Integrasi Terhadap Potensi. Madura. 527-536

Noor, F. M. (2020). Memperkenalkan Literasi Sains Kepada Peserta Didik: Perspektif Calon Guru PIAUD. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 056. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.7066

Nugrahita, A., & Sari, P. M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Binaan 2 Gugus 6 Kecamatan Ciracas. 7(7), 10. https://doi.org/10.36418/syntax

Nurlaili, N., Ilhamdi, M. L., & Astria, F. P. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V SDN 1 Sukarara Pada Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1690–1698. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1554

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran …, 9, 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/download/31612/21184

Priangle, S., & Gumilar, A. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa Kelas V Di SDN Tajur 2 Kota Tangerang. Innovative: Journal Of Social Science, 3, 3822–3831. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2553

Ridani, M. (2021). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa Siswa MAN 2 Ngawi Pada Materi Hukum Dasar Kimia

Rusli, M., Pendidikan, D., & Timur, L. (2014). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar / Deskriptif dan Studi Kasus. 1–13.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Jawa Timur: KBM Indonesia

Selegi, S. F. (2019). Analisis Kemampuan Higher Order Thinking Skill (Hots) Melalui Creative Problem Solving (Cps) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mahasiswa. JURNAL SWARNABHUMI: Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 4(1). https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i1.2591

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Jawa Barat: Alfabeta

Werdiningsih, D. (2021). Literasi Sains dan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang:CV. Literasi Nusantara Abadi

Wibowo, A. (2021). Analisis Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Pada Kasus Pandemi Covid-19. Jurnal Education FKIP UNMA, 7(2), 515–519. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1107

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check