Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V SD Negeri 02 Indralaya Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3625Kata Kunci:
Literasi Sains, Kontekstual, Peduli LingkunganAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains siswa kelas V SD Negeri 02 Indralaya Selatan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa kelas V SD Negeri 02 Indralaya Selatan dalam kategori baik. Berdasarkan dari hasil observasi, wawancara, dan angket siswa dan hasilnya 21 siswa dalam kategori baik, 4 siswa kategori sangat baik, dan 3 siswa kategori cukup. Dengan nilai rata-rata 72,8% dengan demikian guru perlu meningkatkan literasi sains siswa melalui pembelajaran yang mengarah pada kehidupan nyata (kontekstual) dan menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan.
Referensi
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Mardiyana, l. I., Pritasari, A. C., & Hakim, M. L. (2020). Analisis Muatan IPA Kelas 5 Berdasarkan Aspek Literasi Sains Dan Integrasi Terhadap Potensi. Madura. 527-536
Noor, F. M. (2020). Memperkenalkan Literasi Sains Kepada Peserta Didik: Perspektif Calon Guru PIAUD. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 056. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.7066
Nugrahita, A., & Sari, P. M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Binaan 2 Gugus 6 Kecamatan Ciracas. 7(7), 10. https://doi.org/10.36418/syntax
Nurlaili, N., Ilhamdi, M. L., & Astria, F. P. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V SDN 1 Sukarara Pada Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1690–1698. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1554
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran …, 9, 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/download/31612/21184
Priangle, S., & Gumilar, A. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa Kelas V Di SDN Tajur 2 Kota Tangerang. Innovative: Journal Of Social Science, 3, 3822–3831. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2553
Ridani, M. (2021). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa Siswa MAN 2 Ngawi Pada Materi Hukum Dasar Kimia
Rusli, M., Pendidikan, D., & Timur, L. (2014). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar / Deskriptif dan Studi Kasus. 1–13.
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Jawa Timur: KBM Indonesia
Selegi, S. F. (2019). Analisis Kemampuan Higher Order Thinking Skill (Hots) Melalui Creative Problem Solving (Cps) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mahasiswa. JURNAL SWARNABHUMI: Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 4(1). https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i1.2591
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Jawa Barat: Alfabeta
Werdiningsih, D. (2021). Literasi Sains dan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang:CV. Literasi Nusantara Abadi
Wibowo, A. (2021). Analisis Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Pada Kasus Pandemi Covid-19. Jurnal Education FKIP UNMA, 7(2), 515–519. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1107