METODE PEMBELAJARAN UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR DISLEKSIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA

Penulis

  • Larno Larno Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3632

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran, Disleksia

Abstrak

Disleksia adalah bentuk kesulitan belajar yang sering ditemukan. Disleksia bukan disebabkan karena kebodohan atau kesalahan metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Bagi guru atau orang yang tidak mengetahui mengenai disleksia, mereka akan memberi label/cap kepada anak tersebut sebagai anak yang bodoh. Padahal, penyandang disleksia inteligensinya dalam tingkat yang normal. Mereka hanya mengalami kesulitan berbahasa, baik itu menulis, mengeja, membaca, maupun menghitung. Metode pembelajaran yang diterapkan untuk anak disleksia diantaranya dapat menggunakan metode multisensori, metode fonik (bunyi), dan metode linguistik.

Referensi

Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Bhatnagar, S.C. Mandybur, G.T., Buckingham,H.W, & Andy, O.J.( 2000). Language Representation in the human brain: Evidence for Cortical Mapping. Brain & Language, 74, 238- 259.

Elbro,C,(2010). Dyslexia as Disability or Handicap; When does Vocabolary Matter?. journal of learning disabilities 43:469 - 478

Djamarah, S.B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Frederickson, N and Cline, T. (2009). Special Educational Needs, Inclusion and Diversity: a Textbook. Buckingham: Open University Press.

Good, T. L., Brophy, J. E. 1990. Educational Psychology; A Realistic Aproach. New York: lougman.

Irdamurni, Kasiyati, Zulmiyetri, Johandri Taufan, 2018. The Effect of Mingle Model to Improve reading Skills for Students With Dyslexia in primary school;Journal of ICSAR, vol 2, no 2, pp 167 - 170 , Juli 2018.

Irdamurni, Noviana, 2013. Prevalensi Anak Berkesulitan Belajar di Kota Padang. Laporan Penelitian. Tidak diterbitkan.

Johnson, M. (2004). Dyslexia-Friendly Schools-Policy and Practice. In G. Reid and A. Fawcett (Eds.), Dyslexia in Context: Research, Policy and Practice. London: Whurr.

Kirk, Samuel A and James J Gallagher. (1979). Exeptonal Children Educating. USA: University of Arizona.

Kumara, Amitya. (2014). Kesulitan Berbahasa pada Anak. Yogyakarta: Kanisius.

Lerner, J.& Kline.F. 2006. Learning Disabilities and Related Disorder; Characteristics and Teaching Strategies. (10 th.ed) Boston: Houghton.Mifflin.

National Council for Special Education.2011. Children with Special Educational Needs. www.ncse.ie.

NINDS. (2011). NINDS Dyslexia Information. National Institute of Neurogical Disorders and Stroke . Retrieved from http://www.ninds.nih.gov/disorders/dyslexia/dyslexia,htm

Ningsih, T.W.R., & Kusumarin, C.D. (2011). Hubungan Antara Memori Dan Penderita Disleksia Dalam Tinjauan Psikolinguistik. 4, 1858-255. Diakses pada (http://repository.gunadarma.ac.id/260/1/Hubungan%20Antara%20Memori%20Dan%20Penderita%20Diseleksia%20Dalam%20Tinjauan%20Psikolinguistik_UG.pdf )

Reid, G. (2009). Dyslexia: A Practitioner's Handbook (4rd ed.). West Sussex: John Wiley & Sons Ltd.

Rowan, L. (2010). Learning with Dyslexia in Secondary School in New Zealand: What Can We Learn Fromstudents’ Past Experiences? Australian Journal of Learning Difficulties,15(1),71-79.

Saukah,A & Waseso,M.G.(Eds) 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang:UM.Press

Santrock, J.W. 2007. Perkembangan Anak 2. Alih bahasa oleh Mila Rahmawati. Jakarta : Erlangga.

Smythe, I., Everatt, J., & Salter, R. (2004). International Book of Dyslexia: A Guide to practice and Resources. England: John Wiley & Sons, Ltd.

S. E. Shaywitz and B. A. Shaywitz, “The Science of Reading and Dyslexia,” Journal of American Association for Pediatric Ophthalmology and Strabismus, vol. 7, no. 3, pp. 158–166, Jun. 2013

Solek, Purbaya. (2013). Dyslexia Today Genius Tomorrow), Bandung: Dislexia Assosiation of Indonesia Production.

Taufan, J., & Mazhud, F. (2016). Kebijakan-kebijakan Kepala Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Di Sekolah X Kota Jambi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1).

Thomson, Jennny. (2014). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus terjemahan Eka Widayati.

Jakarta: Erlangga.

Wood,2006. Overcoming Dyslexia for Dummies. Indiana: Wiley Publishing, Inc.

Yusuf, Munawir. 2005. Pendidikan Bagi Anak Dengan Problema Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Pendidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check