Penerapan Model Think Pair Share dalam Meningkatkan Proses Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3656Kata Kunci:
Think Pair Share, Proses, Hasil, BelajarAbstrak
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Think Pair Share dalam meningkatkan proses belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas IV UPT SDN 79 Pinrang. Penelitian ini penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas IV dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran sehatalah ragaku kelas IV dengan penerapan model pembelajaran think pair share. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas 1 orang dan siswa yang berjumlah 14 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C). Siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia pembelajaran sehatlah ragaku kelas IV UPT SD Negeri 79 Pinrang.
Referensi
Djamaluddin, Ahdar dan Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Parepare: CV. Kaaffah Learning Center.
Halik, Abdul, Ila Israwaty, dan Monalisa. 2019. Penerapan Metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 65 Parepare Jurnal Nalar Pendidikan. Vol 7(2).
Hennilawati, Dhea P.A., Siti A., Sukma F., Diana S.H. & Khoirunnisa. (2023). Implementasi Buku Teks dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jawa Tengah: Anggota IKAPI.
Hidayat, Rahmat & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep Teori dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Hosiani, Y.K., Ns. Yossi F., Eka P.R., I. Putu D.S., Aridhotul H., Novi T.O., Budi R. (2022). Metode dan Model Pembelajaran untuk Merdeka Belajar. Jawa Timur: CV. Kreator Cerdas Indonesia.
Hosiani, Y.K., Ns. Yossi F., Eka P.R., I. Putu D.S., Aridhotul H., Novi T.O., Budi R. (2022). Metode dan Model Pembelajaran untuk Merdeka Belajar. Jawa Timur: CV. Kreator Cerdas Indonesia.
Ibrahim, Harun, D. M. T. & A. H. (2022). Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dipadu Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Samargalila Labuha Halmahera Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 735–746.
Ilmi, Nur. (2021). Analisis Pragmatik Imperatif Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 156.
Lasari, V. N., Zuhri, A. F., & Widiyanto, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 105-123.
Machali, Imam. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jurnal Indonesian Journal Of Action Research, 1(2), 2985–6078.
Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (3rd ed.). Amerika Serikat: Sage Publications.
Peraturan Pemerintah Nomor 57. (2021). Standar Nasional Pendidikan.
Sanjaya, Wina. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media.
Sulistio, Andi & Nik Haryati. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif. Jawa Tengah.: Eureka Media Aksara.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.