Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning untuk Meningkatkan Proses Belajar Reading Comprehension pada Bahasa Inggris Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i4.3671Kata Kunci:
model pembelajaran quantum learning, reading comprehensionAbstrak
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning pada aspek Reading Comprehension dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas V UPTD SD Negeri 47 Parepare untuk mengetahui hasil belajar dalam proses penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning pada aspek Reading Comprehension dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas V UPTD SD Negeri 47 Parepare. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V UPTD SD Negeri 47 Parepare yang berjumlah 35 siswa dengan rincian 23 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pendekatan yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I, aktivitas guru pada kualifikasi cukup (C), aktivitas siswa berada pada kualifikasi kurang (K) serta kemampuan reading comprehension siswa berada pada kualifikasi kurang (K). pada pelaksanaan siklus II, aktivitas guru berada pada kualifikasi Baik (B), aktivitas siswa berada pada kualifikasi Baik (B) dan kemampuan reading comprehension siswa berada pada kualifikasi baik (B sehingga simpulan dari penelitian ini yakni dengan menerapkan model pembelajaran Quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar reading comprehension pada Bahasa Inggris siswa Kelas V UPTD SD Negeri 47 Parepare.
Referensi
Adhar, Muhammad. 2019. “Penerapan model pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar siswa pada standar kompetensi menerapkan proses pelaksanaan pekerjaan dasar – dasar survey dan pemetaan dikelas x smk negeri 3 surabaya.” Pendidikan Teknik Sipil: 1–13.
Chairunnisa. 2019. “Problematika Pendidikan Di Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan 3: 775–79.
Asrori, dan Rusman. 2020. Classroom Action Reserach Pengembangan Kompetensi Guru. Jawa Tengah: Pena Persada.p-ISSN: 2620-5246 dan e-ISSN: 2620-6307
Dalilah, Wafa Khilda &, dan Sya Febriani Mega. 2022. “Problematika Berbicara Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar.” Karimah Tauhid 1(4): 474–80.
Fiyani, Nur Fitria et al. 2018. “Keefektifan Model Pembelajaran Bamboo Dancing dan Jigsaw Ditinjau Dari Hsail Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD.” JTAM | Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika
Ilmi, Nur, Yonathan S Pasinggi, Muhammad Amran, dan Indri Nur Ilmi. 2023. “JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams games Tournament ( TGT ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV.” : 124–29.
Mawardiyah, Nur Zahroul. 2023. “Hambatan Pembelajaran Bahasa Inggris Dilingkungan Sekolah Dasar.” Karimah Tauhid 2(1): 272–80.
Nurmalasari, R., Kade, A., & Kamaluddin. (2014). Pengaruh Model Learning Cycle Tipe 7E Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas Vii SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 1(2), 2–7
Mustamiroh dan Nor Octaviani. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman.” Kompetensi 15(1): 32–38.
Sugiono. (2012). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhendri, H., & Mardalena, T. (2012). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Formatif, 3(2), 105–114.
Triyanto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya Dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara