Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Minasa Upa

Penulis

  • Muhammad Rachmat Hidayat Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Hasmiani Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Aliem Bahri Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3865

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar, panas dan perpindahannya

Abstrak

This research is a classroom action research which are to determine the process of applying the problem based learning model to about material heat transfer in Class V and to determine the improvement of learning achievement in science subjects about heat transfer by applying the problem based learning model. The approach used in this study is a qualitative approach. Data collection techniques used are observation, tests, and documentation. The research subjects were class teachers and students, totaling 20 students and 1 teacher. The research was carried out in two cycles. In the first cycle the research results on the learning process were in good qualification (B) and the learning test results were in sufficient qualification (C). While in the second cycle the research results on the learning process were in good qualification and (B) the results of the learning and learning test were in good qualification (B). The conclusion of this research is that the application of problem based learning (pbl) model on heat transfer material can improve the learning process and learning outcomes of students in class V SD Inpres Minasa Upa.

Referensi

Adriadi, A. N. T. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar PAI di SMP Negeri 1 Ciruas Serang. Jurnal Kajian Keislaman, 3.

Afendi, M. (2014). Cara Efektif Menulis Karya Ilmiah Seting Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar dan Umum. Bandung: Alfabeta, CV.

Alirmansyah, A. (2022). Meningkatkan pembelajaran efektif dengan menggunakan pembelajaran “Problem Based Learning” di SDN 181/IX Berkah. (Doctoral Dissertation, Universitas Jambi).

Arikunto, S. (2012). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Aryanti. (2020). Inovasi Pembelajaran Matematika di SD. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Bima, A. F., & Widodo, W. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada materi termodinamika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1), 26–31.

Burhani, K., Ramelan, & Naryanto, R., F. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Perpindahan Panas Radiasi Dengan Variasi Beda Perlakuan Permukaan Spesimen Uji. Journal Of Mechanical Engineering Learning. 3(2)

Dewi, R. S., Sundayana, R., & Nuraeni, R. (2020). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence antara Siswa yang Mendapatkan DL dan PBL. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3).

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. PT Asdi Mahasatya.

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.

Halik, A., Muslimin, M., & Sunardi, N. F. (2021). Penerapan Metode Directed Reading Thinking Activity Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPT SD Negeri 228 Pinrang. Doctoral dissertation. UniversitasNegeri Makassar.

Hasan, K., Mukhlisa, N., & Lestari, A. (2020). Penerapan Model Somatic, Auditori, Vizualization, dan Intelectually (SAVI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan., 4(2).

Helaludin, H. W. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik (p. 33).

Herninda, Yulia, & M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Soppeng. Pinisi Journal of Education, 1(2), 254–267.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5–11.

Kadir, A. (2015). Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal AlTa’dib., 8(2).

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses.

Kementrian Hukum dan HAM. (2012). UU RI No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi. Undang Undang.

Kholiq, A. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP Negeri 26 Palembang. (Doctoral Dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).

Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2).

Kunandar.(2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Depok: PT Rajagrafindo.

Lepini, K. N. P., Suarjana, I. M., & Sudarmawan, G. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Ipa Siswa Kelas IV SD. Pengembangan Pendidikan, 5(2).

Luthfiyah, F. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). Bandung: Rosda Karya.

Magdalena, I., Elfrisca, D., & Hukmah, F. (2021). Pelaksanaan Taksonomi Bloom Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 2 SDI Nurul Hasanah. Socio Humanus., 3(1).

Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif. Surakarta: CV Kekata Group.

Maryam, S. M., Zainal, Z., & Armila. (2019). Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 95 Kecamatan Suppa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1).

Mawardi, P. (2019). Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah dan Best Practice. Bandung: CV. Penerbit Qiara Media.

Mu’alimin, & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Pasuruan: Ganding Pustaka.

Muhsam, J., & Muh, A. S. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) dalam meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(01).

Musfirah, Mukhlisa. N., Nur, F. (2021). Penerapan Model Take And Give Pada Pembelajaran Tema 2 Tentang Persatuan dan Kesatuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI UPT Sd Negeri 109 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan.

Mursadin, A., & Subagyo R. (2016). Perpindahan Panas I. Banjarbaru: Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru.

Nur, S., Pujiastuti, I. P., & Rahman, S. A. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik, 2(2).

Nur, M. (2011). Model pembelajaran berdasarkan masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 3(4).

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish.

Pasinggi, Y. S., & Tuken, R. (2019). PKM pendekatan pembelajaran kontekstual pada Guru-Guru Sekolah Dasar Negeri No. 80 Kota Parepare.

Rifki, H. (2022). Problematika Pembelajaran Tematik Di SD Negeri 66 Kota Bengkulu. (Doctoral Dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Rizal, M., Saputra, Dani Nur, & L. H. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Rohman, A. (2011). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Laks Bang Mediatama.

Rusman. (n.d.). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik, 7(1).

Sani, R. A., et.al. (2018). Penelitian Pendidikan. Tira Smart.

Sanjaya, W. (2007). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.

Sekertarian Negara Republik Indonesia.(2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah.

Sofyan, H., Komariah, K., & Wagiran, W. (2016). Problem based learning dalam implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 11(1).

Sultan, M. A., & Paurru, T. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V UPT SD Negeri 96 Pinrang. Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 1(1).

Sumantri, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : PT. Kharisma Putra Utama.

Susriyanti, S., Musfirah, M., & Lukman, L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Nubin Smart Journal, 2(3), 97-109.

Syamsidah, S., & Hamidah, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning.

Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Tecnoscienza, 2(1).

Wardani, D. K., & Khikmah, N. (2020). Exact Papers in Compilation. Papers in Compilation, 2(1), 211–218.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (3 C.E.). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi.

Wulandari, E. dkk. (2012). Penerpan Model PBL (Problem Based Learning) pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD.Jurnal:FKIP-Universitas Sebelas Maret.

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check