Penerapan Model PBL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Inpres Minasa Upa
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3865Kata Kunci:
Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar, panas dan perpindahannyaAbstrak
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi kedatangan bangsa-bangsa asing di Indonesia pada kelas VI dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi kedatangan bangsa-bangsa asing di Indonesia dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa, yang berjumlah 1 guru dan 20 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran dari aspek guru berada pada kualifikasi baik (B) dengan persentase 86,66%, dari aspek siswa berada pada kualifikasi cukup (C) dengan persentase 70% dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C) dengan nilai rata-rata 66. Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran dari aspek guru berada pada kualifikasi baik (B) dengan persentase 93,33%, dari aspek siswa berada pada kualifikasi baik (B) dengan persentase 95,33% dan tes hasil belajar berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 80.
Referensi
Anitah, W.S., dkk. (2019). Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. PT Asdi Mahasatya.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.
Halik, A., Muslimin, M., & Sunardi, N. F. (2021). Penerapan Metode Directed Reading Thinking Activity Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPT SD Negeri 228 Pinrang. Doctoral dissertation. Universitas Negeri Makassar.
Helaludin, H. W. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik (p. 33).
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5–11.
Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2).
Lepini, K. N. P., Suarjana, I. M., & Sudarmawan, G. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Ipa Siswa Kelas IV SD. Pengembangan Pendidikan, 5(2).
Luthfiyah, F. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). Bandung: Rosda Karya.
Musfirah, Mukhlisa. N., Nur, F. (2021). Penerapan Model Take And Give Pada Pembelajaran Tema 2 Tentang Persatuan dan Kesatuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI UPT Sd Negeri 109 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan.
Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 3(4).
Pasinggi, Y. S., & Tuken, R. (2019). PKM pendekatan pembelajaran kontekstual pada Guru-Guru Sekolah dasar Negeri No. 80 Kota Pare-Pare.
Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik, 7(1).
Sultan, M. A., & Paurru, T. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V UPT SD Negeri 96 Pinrang. Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 1(1).
Wardani, IG.A.K., & Wihardit, K. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.